Saturday, 22 September 2018

Terminal Kalideres Siap Layani Pemudik Lebaran

Senin, 20 Juni 2016 — 16:12 WIB
Posko pengamanan terpadu angkutan Lebaran di Terminal AKAP Kalideres. (tarta)

Posko pengamanan terpadu angkutan Lebaran di Terminal AKAP Kalideres. (tarta)

KALIDERES (Pos Kota) – Terminal bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) siap memberangkatkan calon pemudik yang ingin pulang kampung saat Lebaran. Bahkan guna mengantisipasi lonjakan penumpang, telah disiapkan 250 bus cadangan.

Kepala Terminal AKAP Kalideres, Revi Zulkarnaen mengatakan menghadapi mudik Lebaran pihaknya telah melakukan berbagai kesiapan, termasuk menyiapkan bis cadangan kalau nantinya terjadi lonjakan calon penumpang.

“Disiapkan 250 bus cadangan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, guna mengantisipasi lonjakan penumpang. Pihak operator bis juga menyiapkan cadangan kalau dirasa masih kurang,” jelas Revi Zulkarnaen, Senin (20/6) di Terminal AKAP Kalideres.

Setiap harinya, bus AKAP yang melayani penumpang di Terminal AKAP Kalideres berkisar 80 sampai 90 bus, sedangkan Sabtu dan Minggu sekitar 110 bis. Melayani tujuan Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan saat Lebaran diperkirakan berkisar 200 bis setiap harinya. “Puncak arus mudik tahun lalu yaitu H-2, mencapai 485 bis yang diberangkatkan,” ucap Revi.

Revi menambahkan persiapan lainnya yang telah dilakukan dengan menambah tempat atau ruang tunggu calon penumpang, yaitu dengan membangun tenda di taman. Hal ini agar calon penumpang merasa nyaman dan bisa beristirahat. “Termasuk juga membangun ruang atau tempat istirahat bagi para sopir, agar kondisinya segar saat kembali berangkat,” ujarnya.

Pihaknya juga menyiapkan beberapa posko yaitu posko pengamanan terpadu, posko kesehatan baik untuk umum termasuk calon penumpang dan posko kesehatan bagi para sopir yaitu untuk mengecek atau melakukan tes narkoba. Serta posko pengecekan kondisi kendaraan atau bis AKAP apakah laik jalan atau tidak. (tarta)