Sunday, 23 September 2018

Biar Aman, Kroasia Wajib Menang Lawan Spanyol

Selasa, 21 Juni 2016 — 6:43 WIB
Pemain-pemain Kroasia saat latihan untuk menghadapi Spanyol (reuters)

Pemain-pemain Kroasia saat latihan untuk menghadapi Spanyol (reuters)

BORDEAUX (Pos Kota) – Ambisi sama dengan misi berbeda bakal mewarnai duel Kroasia versus Spanyol dalam lanjutan babak penyisihan Grup D Piala Eropa 2016 di Stadion Matmut Atlantique, Bordeaux, Prancis, Rabu (22/6) dinihari WIB.

Kroasia butuh kemenangan untuk bisa lolos ke babak 16 besar, tapi Spanyol hanya butuh hasil imbang guna menjaga posisi sebagai penguasa Grup D. Saat ini Spanyol memimpin Grup D dengan enam poin. Tim berjuluk Matador itu unggul dua angka dari Kroasia yang berada di urutan kedua.

Artinya, Spanyol sudah tidak mungkin lagi tergeser dari posisi dua teratas setelah unggul lima angka dari Republik Ceko di urutan ketiga. Untuk itu, skuad asuhan Vicente Del Bosque sepertinya bakal mencoba melakukan rotasi dengan menurunkan beberapa pemain pelapisnya. Hal tersebut bertujuan menjaga kondisi fisik pemain utama untuk menghadapi babak 16 besar.

Sebaliknya, posisi Kroasia masih terancam digusur Republik Ceko yang bakal menghadapi juru kunci tanpa angka, Turki pada saat yang sama. Jika Kroasia kalah dari Spanyol dan Republik Ceko menang atas Turki, anak-anak asuh Ante Cacic itu bakal tergusur dari posisi kedua.
INGIN MENANG

Tidak heran jika hasil imbang jadi satu-satunya alasan bagi Kroasia untuk mengamankan posisi lolos ke babak 16 besar. “Kami akan mencoba untuk menang, tetapi hasil imbang akan cukup baik untuk kedua tim,” kata gelandang Kroasia Ivan Rakitic, seperti dilansir Marca.

Tidak heran jika isu konspirasi membayangi laga ini. Seperti dilansir Daily Mirror, Kroasia dan Spanyol sudah dipastikan bakal ‘main mata’ agar dapat bermain imbang demi memenuhi ambisi yang sama lolos ke babak 16 besar.

Del Bosque menegaskan timnya tidak akan main mata dengan Kroasia. “Tentu akan banyak orang berpikir demikian seperti yang sudah terjadi di grup A antara Prancis dan Swiss. Tapi saya katakan bahwa kami akan tetap membidik agar bisa menjadi juara grup. Itu penting untuk memudahkan usaha kami di babak 16 besar,” tegas Del Bosque.

Faktanya, hasil imbang kontra Kroasia sudah cukup bagi Spanyol untuk lolos ke babak 16 besar. “Ya, hasil imbang memang sudah memastikan kami menjadi juara grup. Namun bermain imbang, belum cukup bagi kami setelah apa yang kami lakukan dalam dua pertandingan. Kami sempat dikritik karena hanya menang tipis (1-0) melawan Republik Ceko. Namun kami meredam kritik itu dengan mengalahkan Turki (3-0). Sekarang kami harus fokus melawan Kroasia dan mengulanginya lagi,” seru Del Bosque.(junius)