Friday, 16 November 2018

Kroasia Taklukkan Spanyol dan Rebut Posisi Teratas Grup D

Rabu, 22 Juni 2016 — 4:02 WIB
Ivan Perisic merayakan gol kemenangan Kroasia (reuters)

Ivan Perisic merayakan gol kemenangan Kroasia (reuters)

PRANCIS – Sempat tertinggal, Kroasia mampu membalikkan keadaan dan mengakhiri laga dengan skor 2-1, Rabu (22/6) dinihari WIB. Spanyol yang unggul terlebih dahulu berkat gol Alvaro Morata di awal babak pertama dikejutkan dengan gol balasan di jelang turun minum. Setelah Sergio Ramos gagal mengeksekusi tendangan penalti di menit ke-72, Ivan Perisic menciptakan gol kedua Kroasia menjelang akhir babak kedua.

Hasil laga ini membuat Kroasia menggeser Spanyol dari puncak Grup D dengan mengumpulkan poin tujuh sedangkan Spanyol harus puas dengan peringkat dua dengan poin enam berkat kemenangan atas Republik Ceko dan Turki.

Luka Modric tidak bisa memperkuat Kroasia karena mengalami cedera dan posisinya digantikan Marko Rog. Sedangkan Mario Mandzukic diistirahatkan dengan Nikola Kalinic sebagai ujung tombak serangan.

Spanyol masih menurunkan tim yang sama dengan pertandingan sebelumnya. Vicente del Bosque masih menggunakan susunan pemain seperti dua pertandingan sebelumnya. Alvaro Morata memimpin serangan dengan dukungan dari Nolito dan David Silva.

Hanya perlu tujuh menit bagi Spanyol untuk mengubah skor. Setelah kiper Danijel Subasic maju untuk menutup ruang tembaknya, Cesc Fabregas memberikan umpan matang ke Morata. Pemain yang akan pindah ke Real Madrid ini dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang telah kosong.

Sesaat kemudian, Nolito nyaris menambah keunggulan Spanyol. Namun sepakannya hanya melebar beberapa sentimeter di sisi kanan gawang.

Kroasia yang berusaha mengejar ketinggalan membalas dengan tembakan jarak jauh Nikola Kalinic di menit ke-12. Sepakan pemain yang merumput di klub Fiorentina masih bisa ditepis David De Gea.

Dua menit kemudian, Ivan Rakitic belum beruntung. Setelah pemain belakang Spanyol melakukan kesalahan, Rakitic berhasil merebut bola dan mengirimkan sepakan keras ke gawang Spanyol. Bola hanya menghantam mistar gawang.

Subasic layak mendapat pujian berkat aksi penyelamatannya di menit ke-23. Sepakan jarak jauh David Silva di menit ke-23 yang mengarah ke pojok kiri bawah masih bisa ditepis oleh kiper 31 tahun.

Jelang akhir babak pertama, Kalinic menciptakan gol balasan. Setelah mendapatkan umpan lambung dari Ivan Perisic, Kalinic dengan tenang mengirimkan bola ke sisi kiri gawang.

Setelah turun minum, kedua tim masih terus mengincar kemenangan. Spanyol mendominasi penguasaan bola di awal babak kedua dan Morata mencoba mencetak gol di menit ke-54. Sepakannya masih melayang di sisi kiri gawang Kroasia.

Di menit ke-70, wasit Bjorn Kuipers menganggap Sime Vrsaljko menjatuhkan David Silva di kotak penalti Kroasia. Tanpa ragu wasit asal Belanda ini menunjuk titik putih. Darijo Srna yang terus memprotes keputusan wasit dihajar dengan kartu kuning.

Sergio Ramos mengambil tanggung jawab sebagai penembak dan kapten tim mengarahkan tendangannya ke tengah gawang. Subasic yang tidak bergerak masih bisa menepis bola sepakan Ramos dan Spanyol gagal memanfaatkan peluang emas menambah gol.

Di menit ke-87, Kalinic memberikan bola ke Perisic. Sepakan gelandang Inter Milan ini sedikit berubah arah karena mengenai Gerard Pique dan melewati De Gea. 2-1 untuk Kroasia.

Berkat kemenangan ini Kroasia menjadi pemuncak grup dan akan menghadapi peringkat tiga dari Grup B, E atau F sedangkan Spanyol akan menghadapi peringkat satu Grup E. (daus)