Wednesday, 26 September 2018

Rakyat Pilih Brexit, PM Inggris David Cameron Mengundurkan Diri

Jumat, 24 Juni 2016 — 15:06 WIB
PM Inggris, david Cameron, mengumumkan pengunduran dirinya pasca Brexit. (ist)

PM Inggris, david Cameron, mengumumkan pengunduran dirinya pasca Brexit. (ist)

INGGRIS – Perdana Menteri Inggris, David Cameron, akhirnya mengumumkan pengunduran dirinya, setelah mengetahui jika rakyat Inggris memilih untuk hengkang dari Uni Eropa (Brexit), Jumat (24/6/2016).

Dalam pidato emosional yang digelar di luar kantornya di 10 Downing Street, London, Cameron menyatakan tidak dapat lagi menjadi pemimpin Inggris.

“Saya merasa amat bangga menjadi perdana menteri untuk negara ini selama enam tahun. Saya tidak menyesal soal keputusan ini,” kata Cameron mengenai pengunduran dirinya seperti dilansir Mirror.

Cameron memang menjadi salah satu orang yang memilih untuk bertahan di UE. Meski sudah menyatakan pengunduran dirinya, namun Cameron mengatakan masih akan menjalani tugasnya hingga tiga bulan ke depan, sampai pemimpin baru Inggris ditentukan.

(Baca : Mengejutkan! Mayoritas Rakyat Inggris Pilih ‘Brexit’ )

” Saya pikir, negara membutuhkan pemimpin baru. Ini bukanlah keputusan mudah, tapi demi stabilitas negara, saya mengambil jalan ini,” ucapnya lagi. “Saya mencintai negeri ini dan merasa terhormat sudah diberi kepercayaan melayani negeri ini. Saya akan membantu semaksimal saya bisa, untuk membuat sukses negara ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, 52% rakyat Inggris memilih untuk menjadi mandiri dan menanggalkan keanggotaannya di Uni Eropa. (embun)