Monday, 24 September 2018

Dirundung Kegagalan, Messi Mundur dari Timnas Argentina

Senin, 27 Juni 2016 — 14:39 WIB
Lionel Messi. (reuters)

Lionel Messi. (reuters)

AMERIKA SERIKAT – Mega bintang Lionel Messi gagal lagi membawa Timnas Argentina merebut Copa America. Tragisnya, ia gagal mencetak gol dalam 2 x 45 menit saat laga final kontra Chili, di Stadion MetLife, New Jersey, AS, Minggu (26/6/2016) malam waktu setempat atau Senin pagi WIB.

Bukan itu saja, saat adu pinalti, Messi gagal lagi. Maka, Argentina gagal juarai Copa America dua tahun lalu. Messi menjadi eksekutor penalti pertama La Albiceleste. Tapi, bola sepakan kaki kiri kapten tim itu melebar ke kanan gawang dan timnya kalah 2-4 dari Chile.

Kekalahan itu juga menjadi kekalahan keempat Messi bersama Argentina dan memperpanjang penantian tim itu setelah lebih dari 23 tahun untuk menjuarai Piala Amerika. Memang sangat pahit bagi Messi.

Tak lama berselang setelah dirundung kekalahan, Messi menyatakan mundur dari Timnas Argentina. Tentu saja hal ini sangat mengejutkan bagi dunia sepakbola sejagat. Sebab, Messi kini baru berusia 29 tahun, masih dalam top performa sebagai pemain sepakbola.

“Itu sulit. Ini bukan waktu yang tepat untuk menganalisa. Di ruang ganti, saya berpikir ini adalah akhir bagi saya bersana tim nasional,” kata pemain bernomor punggung 10 itu.

“Saya mencoba sangat keras untuk menjadi juara bersama Argentina. Sekarang saya meninggalkan tanpa dapat meraih juara itu. Ini bukan bagi saya,” kata Messi.

Sepeerti dalam tayangan televisi, pertandingan Argentina kontra Chile pada final Piala Amerika ke-100 itu tidak mengubah skor 0-0 meskipun telah mencapai 90 menit. Babak perpanjangan waktu 30 menit juga tidak mengantarkan hasil.

“Ini bukanlah hal yang mudah untuk menjelaskan apa yang terjadi. Argentina semestinya memenangkan pertandingan ini. Ini menyakitkan,” kata pelatih Argentina Gerardo Martino.

Sejauh ini, Messi, yang melampaui Gabriel Batistuta sebagai pencetak gol terbanyak untuk Argentina, telah diwaspadai lini belakang La Roja sehingga sulit menampilkan penampilannya yang cemerlang dalam laga yang disaksikan 82.026 penonton itu.

Dalam catatan, Argentina tidak pernah kalah dalam pertandingan sepak bola dari Chile hingga 2008. Argentina juga menang atas tim asuhan Juan Antonio Pizzi itu dalam kualifikasi Piala Dunia di Santiago pada Maret serta pertandingan penyisihan Grup D Piala Amerika 2016 di Santa Clara, AS. (*/win)