Tuesday, 18 September 2018

Pantau Kesiapan Arus Mudik, Terminal Rajabasa Diperiksa

Senin, 27 Juni 2016 — 19:25 WIB
Terminal Rajabasa

LAMPUNG (Pos Kota) – Memasuki H-9, petugas monitoring Kementerian Perhubungan melakukan pengecekan fasilitas dan sarana transportasi di Terminal Induk Rajabasa, Lampung, Senin (27/6/2016).

Petugas monitoring Kementerian Perhubungan, Zulmardi, mengatakan pengecekan fasilitas dan sarana transportasi dilakukan untuk memastikan kesiapan terminal tersebut saat menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran. Alasannya, titik sentral pemudik selain Pelabuhan Bakauheni adalah Terminal Rajabasa.

“Berdasarkan hasil pengecekan, fasilitas dan sarana transportasi di Terminal Rajabasa sudah cukup memadai. Pengaturan lainnya pun sudah ada peta-peta tersendiri. Sedang untuk informasi yang dibutuhkan pemudik, sudah disiapkan Pos Terpadu Dishub,” ujar Zulmardi.

Menurutnya, pengecekan peru dilakukan karena Terminal Rajabasa menampung dan mendistribusikan kedatangan dan keberangakatan para pemudik.

Selain pemeriksaan, sambungnya, dilakukan pula uji kelaikan moda transportasi, serta pemeriksaan fasilitas dan sarana transportasi lainnya. Di antaranya di terminal, pelabuhan, stasiun dan Bandara.

“Mengenai arus mudik, sampai hari ini memasuki H-9 lebaran masih terlihat normal. Belum terlihat adanya perkembangan lonjakan penumpang,” ungkapnya. “Puncak arus mudik diperkirakan jatuh pada H-4.” (koesma)