Wednesday, 21 November 2018

Ahok Ingin Optimalkan Manfaat RPTRA, Kampung KB dan Rusun

Selasa, 28 Juni 2016 — 13:04 WIB
Gubernur Ahok menyaksikan MoU antara BPMP-KB dan 34 lembaga di Balaikota. (Joko)

Gubernur Ahok menyaksikan MoU antara BPMP-KB dan 34 lembaga di Balaikota. (Joko)

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memerintahkan kepada anak buah untuk mengoptimalkan fungsi RPTRA, Kampung KB, maupun Rusun.

“Semua pihak harus lebih peduli memanfaatkan fasilitas ini,” ujarnya saat menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama program KB, pemberdayaan masyarakat perempuan dan perlindungan anak.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan KB (BPMP-KB) DKI Jakarta, Dien Emawati bersama perwakilan dari 34 lembaga. “RPTRA boleh digunakan untuk kawinan, pengajian, atau kegiatan lain soal pemberdayaan masyarakat,” ujar Ahok pada acara yang dihadiri ratusan undangan di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (28/6).

Puluhan lembaga yang ikut MoU seperti dari Kodam Jaya, perguruan tinggi, dan elemen masyarakat lainnya, kata Ahok, diharapkan dapat melakukan kegiatan pembinaan di RPTRA, Kampung KB, maupun rusun.

“Misalnya mengadakan pelatihan dengan melibatkan warga rusun dan sebagainya,” paparnya.

Dien menambahkan kerja sama ini sebenarnya diikuti oleh 54 lembaga, namun yang hadir pada acara ini 34 lembaga. “Tujuan dari MoU ini untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui program KB, konseling kesehatan reproduksi, serta pemberdayaan masyarakat. Kegiatan itu akan dilaksanakan di RPTRA, Kampung KB, dan rusun,” kata Dien. Program kerja sama ini akan dilaksanakan Bidang Penggerakan dan Pembangunan Keluarga.

Drg. Silvia, Kabid Penggerakan dan Pembangunan Keluarga BPMP-KB, menambahkan pihaknya siap melaksanakan program tersebut. “Kami senang sekali mendapat dukungan dari Bapak Gubernur dan seluruh lembaga yang terlibat dalam program ini. “Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap KB, masyarakat makin sejahtera, terisi semua isi kepala, perut, dan dompetnya,” harap Silvia.

(joko/sir)