Tuesday, 20 August 2019

Parmusi Perintah Kadernya Pertahankan Perda Syariat

Rabu, 29 Juni 2016 — 9:37 WIB
Parmusi 1

ACEH (Pos Kota)— Ketua Umum Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi), Usamah Hisyam, menginstruksikan segenap kader Parmusi di seluruh pelosok Tanah Air untuk bangkit mempertahankan dan mengembangkan Perda Syariat Islam.

“Mari kita membuktikan bahwa syariat Islam yang didasarkan pada nilai-nilai Al Quran sebagai pedoman hidup ummat Islam itu justru membawa kebaikan dan kemajuan bagi Negeri ini. Karena Islam itu rahmatan lil alamin (rahmat bagi semesta alam),” pintanya saat melantik Pengurus Daerah Parmusi & Muslimah Kota Banda Aceh.

Acara dihadiri Walikota Banda Aceh, Elliza Sa’addudin Djamal, ketua PW Muslimah Aceh, Syarifah Munirah, ketua Parmusi PW Prov Banten, Tairman Ellon.

Bagi Usamah, penerapan Syariat Islam yang bersumber dari Al Quran sebagai pedoman hidup ummat Islam sehari-hari dalam Negara yang berfalsafah Pancasila, justru akan meningkatkan keimanan, kedamaian, ketenteraman, dan keberkahan bagi negeri ini. Kehidupan antar-ummat beragama tak perlu dikhawatirkan, sepanjang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara kita harus saling hormat dan menghormati.

“Karena dalam tata pergaulan sesama manusia, Islam sudah mengatur ukhuwah islamiyah (sesama muslim), ukhuwah basariah (hubungan antar manusia), dan ukhuwah wathoniyah (hubungan dengan Negara),” kata Usamah, seraya menegaskan bahwa Pancasila bukan pedoman hidup, tetapi dasar Negara yang mengatur sistem kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam surat Al Kafirun, kata Usamah, sudah ditegaskan lakumdinukum waliyadin, yang artinya, bagimu agamamu, bagiku agamaku. “Dengan demikian, kita sebagai ummat islam dapat menunjukkan toleransi secara muamalah (sosial dan kemanusiaan) tetapi bukan toleransi secara aqidah.

“Karena itu, saya minta Ibu Elliza yang kader Parmusi untuk memberikan contoh bagaimana syariat Islam dapat diterapkan secara baik di dalam kehidupan warga masyarakat Banda Aceh,” tandas Usamah yang mengakhiri Safari Dakwah Parmusi di Provinsi Aceh.

ACEH DAN BANTEN

Ketua PW Parmusi Aceh, Bachrum Moch Rasyid, dan ketua PW Parmusi Banten, Tairman Elon, sepakat menyosialisasikan dan mempertahankan syariat Islam di daerah masing-masing.
“Perda syariah itu bagian dari cerminan Al-Qur’an dan Sunnah Rosul seharusnya justru diperkuat pemerintah pusat sebagai andil menjadikan NKRI sebagai negara yang Baldatun Thoyyiban wa Robbun Goffur (negeri yang diberkahi Allah SWT,” ujar Bachrum, yang diiyakan tokoh muda Parmusi, Tairman Elon.
(rinaldi/sir)