Sunday, 18 November 2018

Inilah 7 Tips Agar Tenang di Jalan Saat Mudik

Kamis, 30 Juni 2016 — 21:04 WIB
ilustrasi

ilustrasi

1. Sebelum berangkat ,udik dan meninggalkan rumah, selesaikan semua urusan di rumah. Misalnya soal binatang piaraan, lampu, kompor, barang yang perlu dimasukkan rumah, gembok dan yang paling penting adalah soal listrik atau benda yang berkaitan listrik. Tentu saja pastika rumah sudah dalam keadaan terkunci baik pintu, jendela dan pagarnya. Akan lebih baik kalau sebelum berangkat memberitahukan petugas keamanan lingkungan. Kalau ini sudah selesai, setidaknya anda sudah berusaha semaksimalnya meninggalkan rumah dan tidak terlalu membebani pikiran.

2. Kalau naik kendaraan sendiri cek dan yakini dalam kondisinya prima kecuali memang takdir. Jangan lupa surat kendaraan dan identitas diri anda pastikan lengkap, karena akan memberi jaminan anda kalau terjadi masalah di perjalanan.

3. Kalau menggunakan kendaraan umum siapkan segala sesuatunya. Misal bawa uang sesuai kebutuhan di jalan, karena dimanapun anda singgah uang bisa diambil melalui ATM. Usahakan tidak membawa barang berlebihan agar tidak jadi beban dan pikiran. Pastikan kendaraan pilihanan mudik, apakah KA, bus atau pesawat atau kendaraan pribadi. Kalau kendaraan umum Tiket yang diperlukan sudah harus ditangan agar saat sampai di terminal, stasiun atau bandara tidak jadi masalah.

4. Kondisi badan juga harus prima, apapun moda yang anda pilih untuk mudik. Kondisi badan yang tidak fit akan jadi masalah bagi diri anda sendiri dan keluarga, bahkan sesampainya di kampung halaman. Jadi tidak hanya kendaraan pilihan yang prima tetapi juga tubuh prima jadi prioritas.

5. Khusus bagi yang mudik dengan motor persiapannya jauh lebih repot. Terutama mengenai kondisi badan mengingat anda akan langsung terpapar dengan udara bebas dan panas terik. Kondisi ini lebih cepat menguras tenaga anda saat di jalan. Karena itu anjuran istirahat tiap 4 jam sekali hendaknya dipertimbangkan agar keselamatan di jalan lebih baik. Naiki motor sesuai kapasitasnya maksimal 2 orang. Mengajak naik motor berjarak ratusan kilometer membawa balita sangat tidak disarankan.

6. Ingat seloroh cak Lontong, bawa barang secukupnya, anda mau mudik bukan mau minggat. Sebaiknya bawa barang secukupnya saja sesuai kebutuhan di jalan maupun di kampung. Jangan memakai perhiasan berlebihan, karen tidak terlalu penting kalau tujuan anda memang bersilaturahim dengan keluarga.

7. Kalau anda terpaksa harus jajan makanan atau minuman di jalan, pilihlah yang terjamin kondisinya. Tempat yang baik belum tentu menyediakan barang baik, tapi kewaspadaan diri sendiri akan memberi jaminan lebih baik daripada sembarangan. Kalau bisa hindari makanan berlemak, usahakan makan/minum yang sehat, diantaranya buah-buahan. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman penambah stamina, karena berpotensi memicu masalah.