Friday, 19 April 2019

Diukur Speed Gun, Ngebut Melebihi Batas di Tol Tangerang-Merak Bakal Ditilang

Jumat, 1 Juli 2016 — 21:27 WIB
Petugas menilang sopir bus yang menaikturunkan  penumpang di jalan Tol Tangerang. (dok. haryono)

Petugas menilang sopir bus yang menaikturunkan penumpang di jalan Tol Tangerang. (dok. haryono)

SERANG (Pos Kota) – Pengendara kendaraan bermotor yang melintas di jalan Tol Tangerang – Merak harus memperhatikan batas kecepatan. Pasalnya Korps Lalulintas (Korlantas) Mabes Polri PJR Induk Serang akan menerapkan tilang untuk kendaraan yang melebihi batas kecepatan. Petugas membidik setiap kendaraan yang melaju di atas kecepatan dengan menggunakan peralatan pengukur kecepatan (speed gun).

“Alat yang disebut speed gun ini bisa menghitung kecepatan laju kendaraan ketika melintas di ruas tol Tangerang-Merak. Penggunaan speed gun diberlakukan untuk kendaraan yang melaju dari arah Tangerang menuju Merak,” ungkap Kepala PJR Induk Serang Timur, Kompol Aditya GF Lubis, Jumat (1/7/2016) malam.

Dikatakan Aditya, penerapan tilang untuk kendaraan yang melebihi kecepatan ini salah satunya dilatarbelakangi oleh pengendara yang memacu kendaraannya begitu cepat sehingga membahayakan pengendara yang lain. Berdasarkan data, jumlah angka kematian karena pelanggaran lalu lintas ini juga cukup tinggi.

“Penegakan hukum mengenai kecepatan kendaraan di jalan tol ini diharapkan bisa mengurangi kecelakaan akibat melaju terlalu cepat ataupun terlalu lambat,” kata Aditya.

Menurutnya, dari evaluasi kejadian kecelakaan, lebih didominasi akibat human error, salah satu diantaranya kurang memperhatikan kecepatan kendaraan. Menurutnya, sesuai aturan batas kecepatan laju kendaraan di jalan tol Tangerang – Merak paling rendah 60 kilometer per jam, dan paling tinggi 100 kilometer per jam.

“Bagi pengendara yang termonitor masih melaju dengan kecepatan diatas yang ditentukan akan ditindak sesuai UU LLAJ No 22/2009, Pasal 287 ayat (5) jo Pasal 106 ayat (4) huruf g atau Pasal 115 huruf a, dengan ancaman denda Rp500 ribu,” ujarnya. (haryono)