Sunday, 16 December 2018

Malam Ini hingga Dini Hari, Puncak Mudik di Pelabuhan Merak

Jumat, 1 Juli 2016 — 21:50 WIB
Apel pengamanan mudik Lebaran 2016 di Pelabuhan Merak. (toga)

Apel pengamanan mudik Lebaran 2016 di Pelabuhan Merak. (toga)

SERANG (Pos Kota) – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak memprediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak akan terjadi Jumat (1/7/2016) malam ini hingga Sabtu (2/7/2016) dini hari nanti. ASDP Merak memprediksi lonjakan penumpang yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung 23 ribu pemudik.

“Kalau kendaraan roda dua diperkirakan mencapai 20 ribu unit dan mobil mencapai 13 ribu,” ungkap Humas PT ASDP Indonesia Ferry Merak, Mario S Utomo kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Jumat (1/7/2016) malam.

‪Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik sepeda motor, kata Mario, akan digunakan dermaga 4 dan 5 khusus untuk pemudik dengan sepeda motor. Lebih lanjut mario menyampaikan pemberlakuan dermaga 4 dan 5 khusus pemudik sepeda motor bersifat situasional bila penumpukan penumpang hingga di luar dermaga.

“Pemberlakuan ini hanya kondisional saja. Jika antrian kendaraan roda dua sudah mengular ke luar dermaga baru kita gunakan jalur khusus motor di dermaga 4 dan 5,” jelasnya. .

‪Selain itu, lanjut Mario, juga akan mempercepat durasi bongkar muat kapal sandar dari 60 menit menjadi 30 menit bila terjadi puncak arus mudik. “Durasi waktu sandar akan kita perpendek sehingga dapat mengurai antrian,” kata Mario.

Sementara itu dibanding H-6 suasana arus mudik di Pelabuhan Merak pada H-5 mulai terlihat ramai. Para pemudik pejalan kaki maupun yang diatas kendaraan terlihat mengantri di loket-loket penjualan tiket. Meski demikian, kondisi arus mudik masih terlihat lancar. (haryono)