Thursday, 21 September 2017

Pemerintah Indonesia Ucapkan Selamat Kepada Presiden Filipina Terpilih, Duterte.

Jumat, 1 Juli 2016 — 9:59 WIB
Presiden terpilih Filipina, Rodrigo Duterte, saat mengambil sumpah jabatan pada pelantikan Presiden di istana Malacanang. (reuters)

Presiden terpilih Filipina, Rodrigo Duterte, saat mengambil sumpah jabatan pada pelantikan Presiden di istana Malacanang. (reuters)

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah Indonesia memberikan ucapan selamat kepada Presiden Filipina terpilih, Rodrigo Duterte, yang resmi dilantik pada Kamis (30/6/2016). Dalam keterangan pers yang dikirimkan kepada media, Presiden RI Joko Widodo, mengatakan telah mengutus Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno LP Marsudi, untuk bertemu dengan Menlu Filipina yang baru.

Pertemuan tersebut diadakan, agar Menlu Retno dapat langsung menyampaikan ucapan selamat dari Jokowi kepada Duterte. Pada keterangan pers tersebut, juga tercantum harapan penguatan kerja sama antara Indonesia-Filipina khususnya dalam bidang keamanan di wilayah Laut Sulu.

Dengan dilantiknya Duterte, banyak pihak berharap jika masalah keamanan dapat lebih ditingkatkan, mengingat banyaknya kasus penyanderaan WNI oleh kelompok militan Abu Sayyaf yang berada di Filipina.

( BacaDuterte Pilih Pelantikan Sederhana di Istana Malacanang )

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina terpilih memiliki kesamaan, yaitu sama-sama berangkat dari seorang Walikota lalu menjadi Presiden. Presiden Jokowi sebelumnya menjabat sebagai walikota Solo, sedangkan Presiden Duterte sebelumnya pernah menjabat sebagai walikota di Kota Davao, Mindanao Filipina Selatan. (embun)