Saturday, 17 November 2018

Pramuka Ekspresikan Semangat Pancasila Lewat Foto

Sabtu, 2 Juli 2016 — 13:49 WIB
Salah satu foto pemenang Lomba Foto Pancasila prakarsa Adhyaksa Dault. (ist)

Salah satu foto pemenang Lomba Foto Pancasila prakarsa Adhyaksa Dault. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Sejumlah pelajar yang menjadi anggota Pramuka, ternyata banyak yang kreatif di bidang fotografi. Mereka mampu membuat foto aksi yang bersemangat Pancalisa, dalam Lomba Foto Pancasila yang diselenggarakan mantan Menpora Adhyaksa Dault yang sekaligus ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka.

“Alhamdulillah, foto kami berhasil masuk sepuluh besar sehingga berhak mendapatkan hadiah,” ujar Januar, anggota Pramuka Kwarda DKI Jakarta, kemarin. Foto yang dikerjakan bersama dalam satu tim pramuka, mampu memikat dewan juri pengunjung medsos. “Kemenangan ini memacu semangat kami untuk makin aktif di gerakan Pramuka yang mengajarkan disiplin dan kekompakan,” tambah siswa SMKN di Jakbar.

Pemrakarsa lomba, Adhyaksa Dault telah mengumumkan 10 pemenang Lomba Foto Pancasila pada tanggal 1 Juli. Lewat akun media sosialnya, Adhyaksa memposting satu per satu foto para pemenang. “Saya sampaikan terima kasih kepada adik-adik yang telah mengirimkan foto lewat internet. Begitu pula pengunjung medsos yang secara suka rela menjadi juri dengan membubuhkan ‘like’ pada foto peserta,” ujar Adhyaksa yang juga calon Gubernur DKI Jakarta.

Lomba ini diikuti lebih dari seribu peserta dari seluruh Indonesia. Mereka mengirimkan karyanya lewat medsos maupun email. Setelah diseleksi oleh panitia, foto yang lolos sesuai kriteria sebanyak    490 foto. “Lima pemenang dipilih dewan juri dan lima pemenang lainnya dipilih pengguna facebook. Masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tabungan sebesar Rp 2 juta,” imbuhnya.

Ketua panitia lomba Fajrin Hakim menambahkan bahwa  lomba ini sangat diapresiasi pengguna medsos. “Lomba ini digagas oleh Bang Adhyaksa  dalam rangka merayakan  Hari Lahir Pancasila bulan Juni lalu.  Kebetulan juga Bang Adhyaksa juga lahir di bulan Juni. Semua hadiah  juga dari Bang Adhyaksa,” jelas Fajrin. Lomba berlangsung dari tanggal 1 sampai 20 Juni yang mendapat respon positif dari aktivis Pramuka yang notabene sebagai pelajar. (Joko)