Sunday, 15 September 2019

Macet di Jalur Puncak Hingga Pasar Cipanas

Rabu, 6 Juli 2016 — 23:31 WIB
Pemberlakukan uka tutup di Jalur Puncak

Pemberlakukan uka tutup di Jalur Puncak

BOGOR (Pos Kota) – Kemacetan panjang terjadi di jalur wisata Puncak. Hingga Rabu (6/7) malam, kemacetan bagi kendaraan yang turun mengarah ke Bogor dan Jakarta, bertambah parah.

Pantauan di jalur simpang Gadog dan CCTV, ekor kemdaraan yang terjebak macet sudah menyentuh Pasar Cipanas.

“Macet arus lalu lintas di Jalur Puncak pada hari pertama Idul Fitri bagi kendaraan yang kebawah, sudah padat. Ekor kendaraan sudah terlihat di Cipanas,”kata petugas penjaga CCTV di posko Gadog Rabu malam.

Sementara Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Bramastyo Priaji mengatakan, kepadatan di jalur wisata dan juga jalur mudik bagi warga menuju Bandung dan beberapa kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah ini, sudah terpantau usai Salat Ied.

Warga yang hendak bersilaturahmi ke rumah kerabatnya bersamaan warga yang hendak wisata dan bahkan ada yang baru berangkat mudik, bertemu di Puncak.

Petugas Operator Pospol Gadog, Aiptu Subandi mengatakan, berdasarkan kendaraan yang melintas dan pantauan CCTV, mobil mendominasi. Bahkan sejak siang, kendaraan dari Puncak menuju Jakarta sudah termonitor.

“Karena kendaraan yang turun sudah panjang antrean hingga menembus batas wilayah, maka kami berlakukan satu arah bagi kendaraan yang turun. Yang naik kami tahan,”kata AKP Bramastyo.

Salah satu pengguna jalan yang hendak turun dari Cianjur menuju Jakarta memberitahu Pos Kota, jika kendaraannya sudah dua jam di Ciloto tak bergerak.”Sudah cape kang. Ini nggak jalan. Saya masih di Ciloto. Nggak tahu kapan nyampe Jakarta,”kata Mulyadi, warga Jakarta Timur.

Satu jalur kebawah yang berlaku pukul 18.00 WiB akan dibuka untuk dua arah secara situasional jika kepadatan kendaraan dari atas kebawah sudah berkurang.Kendaraan dari Jakarta menuju Puncak ditahan di dekat jalur keluar Gerbang Tol (GT) Ciawi.

Akibatnya terjadi antrean panjang hingga tengah tol Jagorawi.”Kita prioritaskan hulu kendaraan dari arah Cianjur ke Puncak menuju Bogor dan Jakarta,”tandas Bramastyo. (yopi)