Friday, 16 November 2018

Divonis Penjara, Messi dan Ayahnya Ajukan Banding

Kamis, 7 Juli 2016 — 16:30 WIB
Lionel Messi dan ayahnya diadili dalam kasus penipuan pajak.

Lionel Messi dan ayahnya diadili dalam kasus penipuan pajak.

SPANYOL- Bintang FC Barcelona, Lionel Messi, dan ayahnya akan mengajukan banding atas putusan pengadilan Spanyol yang menjatuhkan vonis hukuman penjara selama 21 bulan dalam kasus penipuan pajak.

“Vonis tersebut tidak tepat dan kami yakin upaya banding akan menunjukkan bahwa yang benar adalah pembelaan,” ujar pengacara Messi dalam pernyataan resmi.

Upaya banding, menurut pengacara tersebut, memiliki peluang sukses. Terlebih Messi memiliki iktikad baik untuk menyelesaikan perkara tersebut.

Melalui putusan pengadilan di Barcelona, Messi dijatuhkan vonis hukuman penjara selama 21 bulan dan denda dua juta euro. Ayah Messi, Jorge, juga diberikan hukuman penjara dengan masa yang sama. Hanya saja, sang ayah didenda 1,5 juta euro atas tuduhan melakukan penipuan pajak senilai 4,1 juta euro pada periode 2007-2009.

Messi juga dituduh menggunakan perlindungan pajak di Belize dan Uruguay untuk menyembunyikan penghasilan mereka dari penjualan hak citra dirinya.

Akan tetapi, amat mungkin baik Messi dan ayahnya tidak menjalani hukuman penjara. Sebab, berdasarkan sistem hukum di Spanyol, seseorang yang dikenai hukuman penjara di bawah dua tahun tak harus mendekam di balik jeruji, namun tetap mendapat pengawasan khusus.

Terkait kasus yang menimpa pemain andalannya, FC Barcelona menyampaikan sokongan.

“Pihak klub…menganggap sang pemain, yang telah mengoreksi posisinya dengan dinas pajak Spanyol, tidak mungkin bertanggung jawab secara pidana terkait dengan fakta-fakta yang digarisbawahi dalam kasus ini.”

Sebagai pemain FC Barcelona, penghasilan Messi per tahun mencapai 36 juta euro atau Rp527 miliar. Apabila diakumulasikan bersama pemasukan dari sponsor dan sebagai bintang iklan, Messi meraup 315 juta euro atau Rp4,6 triliun selama 10 tahun terakhir. Tak pelak, majalah Forbes menempatkannya pada daftar 10 atlet dengan pendapatan tertinggi di dunia.(BBC)