Wednesday, 19 September 2018

Hadapi Arus Balik, Pelindo IV Siapkan Bus Gratis

Jumat, 8 Juli 2016 — 14:36 WIB
Dirut Pelindo IV Doso Agung tengah berbincang dengan Meneg BUMN Rini Soemarno pada acara open house di rumah dinas menteri di Kungingan. (dwi)

Dirut Pelindo IV Doso Agung tengah berbincang dengan Meneg BUMN Rini Soemarno pada acara open house di rumah dinas menteri di Kungingan. (dwi)

JAKARTA (Pos Kota) – Menghadapi arus balik Dirut Pelindo IV Doso Agung telah menyiapkan puluhan bus untuk mengangkut para pemudik yang kembali tiba di Pelabuhan Makassar menggunakan kapal laut.
Sebanyak 1.500 pemudik akan digratiskan naik bus dan diantar ke daerah tujuan masing-masing.

“Untuk penumpang kapal laut yang turun di Pelabuhan Makassar Pelindo IV menyediakan bus gratis yang siap mengantarkan para penumpang yang turun di Pelabuhan Makassar menuju daerah tujuan masing-masing,” ujar Doso Agung saat menghadiri acara halal bihalal atau open house Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno di rumah dinasnya di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Dikatakan Doso Agung, ada dua rute utama yang disediakan Pelindo IV yaitu Makassar –Maros-Pangkep- Barru- Parepare, serta Makassar-Gowa-Takalar-Jeneponto-Bantaeng-Bulukumba dan diharapkan 1.500 penumpang kapal dapat menikmati program mudik gratis bersama Pelindo IV tersebut

Dalam pelaksanaan Program Mudik Gratis itu pihaknya bersinergi dengan BUMN lainnya diantaranya PT Pelni dalam hal kordinasi penumpang kapal, Perum Damri yang memberikan tarif khusus untuk bus dan lainnya.

MANJAKAN PENUMPANG

Baharuddin M, Sekretaris Perusahaan Pelindo IV menambahkan kesiapan menyambut para penumpang arus balik juga dilakukan di pelabuhan cabang dibawah naungan Pelindo IV di 11 Provinsi seperti selain Pelabuhan Makassar juga Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Parepare.

Lalu Pelabuhan Tarakan, Pelabuhan Samarinda, Pelabuhan Nunukan, Pelabuhan Pantoloan, Pelabuhan Bitung, Pelabuhan Manado, Pelabuhan Kendari, Pelabuhan Gorontalo, Pelabuhan Ambon, Pelabuhan Ternate, Pelabuhan Jayapura, Pelabuhan Sorong Pelabuhan Manokwari, Pelabuhan Merauke, Pelabuhan Biak, dan Pelabuhan Fakfak.

Di Pelabuhan Makassar misalnya, sebagaimana dituturkan General Manager Pelindo IV Cabang Makassar, Yosef Benny Rohy telah menyiapkan eskalator atau tangga jalan dan garbarata atau jembatan penghubung antara ruang tunggu dengan pintu masuk kapal.

“Hal itu untuk memudahkan para penumpang, agar tidak lagi berdesak-desakan saat akan masuk ke dalam kapal,” kata Yosef.
(dwi/sir)