Wednesday, 26 September 2018

Minggu, Puncak Kemacetan Arus Balik

Jumat, 8 Juli 2016 — 15:45 WIB
Kepadatan arus mudik di Pelabuhan Merak memuncak. Diperkirakan, puncak arus balik trjadi Minggu pekan ini. (toga)

Kepadatan arus mudik di Pelabuhan Merak memuncak. Diperkirakan, puncak arus balik trjadi Minggu pekan ini. (toga)

JAKARTA (Pos Kota) – Pemudik harus memilih waktu dan mempersiapkan kondisi tubuh bersama kendaraan untuk mengantisipasi puncak kemacetan arus balik. Pasalnya, Polda Metro Jaya memprediksi arus balik terjadi pada H+2 lebaran dan puncaknya pada Minggu (10/7/2016).

“Jadi harus pintar-pintar pilih waktu pulang agar tidak terjebak macet parah. Persiapkan kondisi tubuh dan kendaraan.Yang perlu diwaspadai, pada Minggu malam karena itu hari terakhir libur,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono, Jumat (8/7).

Dikatakan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa rekayasa arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan arus balik. “‎Kami sudah siapkan titik-titik yang perlu dilakukan rekayasa misalnya di rest area KM 62 kalau terjadi kepadatan, kami akan buka Contra Flow di KM 65 sampai 60,” ungkapnya.

‎sedangkan ‎di rest area KM 52, jika mengalami kepadatan akan diberlakukan juga Contra Flow di KM 55-50. Termasuk pula rest area di KM 42, apabila padat akan diterapkan Contra Flow. “Biasanya di rest area itu yang bikin macet, orang istirahat lama, parkiran penuh dan terjadi perlambatan-perlambatan,” tukasnya. (ilham)