Saturday, 22 September 2018

Antrean Pengunjung di Monas Hingga Malam Hari

Sabtu, 9 Juli 2016 — 23:19 WIB
Monas

JAKARTA (Pos Kota) – Menjelang akhir libur Lebaran, beberapa tempat wisata termasuk Tugu Monas, Sabtu (9/7) masih diserbu pengunjung. Antrean pengunjung di pintu masuk terjadi di beberapa lokasi rekreasi.

Di Monas, 1.800 tiket menuju puncak Tugu Monas, Jakarta Pusat, yang disediakan Unit Pengelola (UP) Kawasan Monas untuk wisata siang laris manis dan ludes terjual. “Wisata siang menuju puncak Monas dibuka pukul 8. Tiketnya Pukul 10.30 sudah habis. Ini kan hari libur ya,” ujar Pengawas Operasional UP Kawasan Monas, Heri Margono.

Pengelola Monas membuka dua sesi wisata puncak. Selain siang, juga dibuka malam hari pukul 19.00 sampai pukul 22.00 dan disediakan 700 tiket. UP Kawasan Monas sengaja membatasi penjualan tiket, per hari hanya 2.500 lembar guna mengantisipasi jam kerja petugas dan kapasitas angkut lift.

Membludaknya jumlah pengunjung juga terjadi di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan. Sebanyak 135.604 pengunjung memadati tempat wisata ini dan jumlah ini tertinggi selama periode libur Lebaran 2016. “Hari ini (Sabtu) puncaknya. Minggu besok (Minggu) diprediksi nggak ramai seperti sekarang ini karena warga mungkin sudah fokus persiapan masuk kerja di hari Senin,” kata Kepala Humas TMR, Wahyudi Bambang.

Selain luas Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan beragamnya satwa yang dikoleksi, tingginya minat warga mengunjung TMR karena harga tiket sangat murah. “Tiket anak-anak Rp3.000, orang dewasa Rp 4.000. Walaupun pakai Jakcard belinya Rp 30.000, tapi satu kartu bisa untuk empat sampai lima orang,” tandasnya.(guruh)