Monday, 23 October 2017

Macet, Polres Cianjur Tutup Jalur Menuju Puncak

Sabtu, 9 Juli 2016 — 20:11 WIB
pengalihan2012

CIANJUR (Pos Kota) – Akibat terjadi kemacetan panjang, Polres Cianjur menutup jalur menuju Puncak ke Cipanas hingga Bogor.

Penutupan yang dimulai dari perempatan Jalan Dr Muwardi By Pass, Cianjur, guna menghindari kemacetan yang lebih parah.

Sementara kendaraan yang hendak turun mengarah ke Bogor yang sudah berada di jalur Cugenang, hanya dibolehkan satu arah menuju Bogor. Sementara jalur sebaliknya ditutup.

Penutupan jalur, karena sejak siang hingga sore, kendaraan di Jalur Puncak-Cianjur, terus mengular hingga antrean kendaraan menembus 18 kilometer.

“Untuk menghindari macet total, kami tutup untuk ke bawah mengarah ke Cipanas dan Bogor. Volume kendaraan terus bertambah hingga ekornya sudah melewati Cugenang. Ini artinya macet sudah sampai Cianjur kota. Agar tidak total macet, terpaksa kami tutup jalur. Penutupan mulai dari pertigaan Jalan Dr Muwardi-By Pass, Cianjur. Jalur akan kami buka lagi setelah situasi jalur menuju Cipanas ke Puncak Bogor normal,”kata Kapolres Cianjur, AKBP Asep Guntur Rahayu, pada wartawan Sabtu (9/7).

Sementara bagi pengguna jalan yang pulang mudik menuju Bogor dan Jakarta, diimbau untuk mengunakan jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi.

“Daripada sampai tengah malam atau besok macet di jalur Cianjur menuju Cipanas-Puncak lalu Bogor dan Jakarta, kami himbau pakai jalur alternatif,”paparnya.

Bagi penumpang yang kendaraannya sudah terlanjur terjebak macet, disarankan untuk istirahat sambil menunggu jalur kembali normal.

“Untuk pengguna jalan yang terjebak macet di Jalur Puncak-Cianjur, bisa beristirahat tempat yang kami sediakan. Ada banyak tempat istirahat sepanjang jalur. Kami minta jangan paksakan diri,”paparnya.

Namun saat pengguna jalan dari Bandung dan Cianjur hendak menempuh jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, ternyata antrean kendaraan terlihat memanjang dengan laju kendaraan tersendat di sejumlah titik.

“Volume kendaraan dengan ciri khas mudik menuju arah Bogor dan Jakarta, terus meningkat sejak siang,”kata AKBP Guntur. (yopi)