Sunday, 22 July 2018

Mengais Rejeki dari Sepeda Ontel di Kota Tua

Sabtu, 9 Juli 2016 — 6:36 WIB
Alimudin, penjual jasa sewa sepeda. (Tarta).

Alimudin, penjual jasa sewa sepeda. (Tarta).

MUSIM liburan seperti Idul Fitri 1437 H membawa berkah tersendiri bagi penjual jasa sewa sepeda ontel di Taman Fatahillah kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat. Banyak warga yang berkunjung untuk mengisi libur Lebaran dan menyewa sepeda untuk berkeliling lokasi wisata itu.

Seperti diakui oleh Alimudin, 55, penjual jasa sewa sepeda ontel di kawasan Kota Tua. ” Yah…lumayan dibanding hari biasa, sekarang penghasilannya meningkat. Libur Idul Fitri membawa berkah buat kami-kami ini,” ujarnya, kemarin, tanpa mau menyebutkan penghasilanya.

Lelaki asal Sulawesi Selatan ini mengaku tarif sewa sepeda hanya untuk berkeliling di areal Taman Fatahillah Rp 20 ribu/ setengah jam, sedangkan kalau berkeliling di kawasan Kota Tua Rp 50 ribu/setengah jam.

Dikatakan, penghasilan dari sewa sepeda tidak dapat dipastikan, tergantung dari ramai dan sepinya pengunjung. “Tapi yang paling utama ya kalo lagi hoki, maka penghasilannya bisa lumayan,” ucapnya sambil tertawa.

Sudah bertahun tahun ditekuninya profesi menyewakan sepeda. Dari pwnghasilannya cukup untuk memberi nafkah istri dan satu anaknya. “Anak saya yang besar sudah bekerja,” ujarnya.

Sekarang ini menyewakan sepeda di Kota Tua cukup tenang, apalagi dengan adanya paguyuban dan bekerja sama dengan pengelola kawasan Kota Tua. “Kami bersama-sama menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan termasuk pengunjung,” kata Alimudin.(tarta)