Tuesday, 20 November 2018

Situ Gintung Sayang Tidak Terawat!

Sabtu, 9 Juli 2016 — 23:23 WIB
Sejumlah warga Ciputat dan Pamulang yang bersantai sore hari  saat libur dipinggir Situ Gintung. (anton)

Sejumlah warga Ciputat dan Pamulang yang bersantai sore hari saat libur dipinggir Situ Gintung. (anton)

TANGERANG (Pos Kota) – Warga di kawasan perbatasan DKI Jakarta khususnya di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang tak mudik Lebaran terpaksa menghabiskan hari libur bersantai di pinggir Situ Gintung sambil duduk ngobrol dan sebagian ada yang memancing ikan.

Kondisi Situ Gintung itu sendiri sebetulnya sejak lima tahun lalu setelah terjadinya musibah jebol tahun 2009 diharapkan menjadi salah satu obyek wisata murah meriah. Namun hingga kini terkesan hanya jalan ditempat karena beberapa tempat tak terawat dengan baik.

“Seharusnya ada perawatan dan pemeliharaan sehingga lokasi ini dapat dijadikan salah satu tempat rekreasi bagi warga yang ingin bersantai atau hanya ingin menikmati hari libur saja,” ujar Ny. Eroh, warga Ciputat, Sabtu (9/7).

Kondisinya memang sangat memprihatinkan dan tak terawat seperti tugu oprasasti korban bencana yang tetap berdiri kokoh tapi perawatan sama sekali tak ada sehingga sejumlah ubin atau kramik terkelupas dan penuh coretan tangan iseng.

Menurut dia, penataan dan perawatan kawasan ini sangat penting agar dapat dijadikan salah satu tempat rekreasi di pinggiran DKI Jakarta dan Tangsel. “Kalau tak salah empat tahun lalu sempat ada delman, dokar atau kereta bermain untuk anak-anak tapi sekarang tak ada,” tuturnya.

Heru, warga Pamulang, mengatakann lokasi ini belakangan hanya dijadikan tempat memancing atau sekedar jogging keliling setu setiap hari Sabtu dan Minggu pagi. “Kalau pun ramai kembanyakan dikunjungi anak muda yang ingin ngobrol dan santai di pinggir setu setiap sore hari,” tuturnya.

ak hanya perawatan dan pemeliharaan saja, tambah dia, tapi masalah lampu penerangan juga perlu ditambah sehingga tak terkesan gelap. “Paling tidak lampu penerangan tersebut dapat menambah daya tarik warga untuk bersantai di sekitar situ,” tuturnya. (anton)