Monday, 26 August 2019

Pemberlakuan Contra Flow

Arus Balik di Cikampek Siang Ini Ramai dan Lancar

Minggu, 10 Juli 2016 — 11:36 WIB
Arus lalulintas di Tol Cikampek arah Jakarta. (tmc polda metro jaya)

Arus lalulintas di Tol Cikampek arah Jakarta. (tmc polda metro jaya)

JAKARTA (Pos Kota) – Arus balik melalui Tol Cikampek-Jakarta pada Minggu (10/7/2016) pada pukul 11:20 Wib nampak ramai lancar, sebagai mana terpantau melalui TMC Polda Metro Jaya.

Hal ini terkait dengan pemberlakuan contra flow (lawan arah-red) dari Kopo, Cikampek dan Bandung di KM 47 arah Jakarta. Seorang perwira menengah polisi berdiri di atas jembatan penyeberangan dengan latarbelakang arus lalulintas ramai dan lancar.

Sebagai mana diberitakan, jajaran Polda Metro Jaya siap mengamankan arus balik yang diperkirakan sudah mulai tampak sejak Jumat (8/7/2016) hingga Minggu (10/7/2016). Seperti diketahui, usai cuti bersama libur Lebaran, baik pekerja kantoran maupun para PNS akan kembali masuk normal pada Senin (11/7/2016).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono, mengatakan pihaknya memperkirakan arus balik akan terjadi pada Sabtu dan Minggu besok. Yang perlu diwaspadai, lanjut dia, adalah pada Minggu malam karena itu adalah hari terakhir libur.

“Para pemudik juga harus pandai jangan sampai ‎terjebak kemacetan di Brebes ataupun Cirebon dan Cikampek,” ujar Awi.

Kabid Humas mengaku pihaknya sudah menyiapkan beberapa rekayasa arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan saat arus balik

“‎Kami sudah siapkan titik-titik yang perlu dilakukan rekayasa misalnya di rest area KM 62 kalau terjadi kepadatan, kami akan buka Contra Flow di KM 65 sampai 60,” tuturnya.

Kemudian ‎di rest area KM 52, jika mengalami kepadatan akan diberlakukan juga Contra Flow di KM 55-50. Termasuk pula rest area di KM 42, apabila padat akan diterapkan Contra Flow.

“Biasanya di rest area itu yang bikin macet, orang istirahat lama, parkiran penuh dan terjadi perlambatan-perlambatan,” tegasnya.
(humas polda metro/sir)