Thursday, 20 September 2018

Menhub : Arus Balik dari Bakahueni-Merak Lancar

Minggu, 10 Juli 2016 — 14:47 WIB
Menhub Inatius Jonan, Kapolri Badrodin Haiti dan pejabat lain tinjau suasana arus balik Bakauheni-Merak (haryono)

Menhub Inatius Jonan, Kapolri Badrodin Haiti dan pejabat lain tinjau suasana arus balik Bakauheni-Merak (haryono)

MERAK (Pos Kota) – Menteri Perhubungan (Menhub) Ignatius Jonan kembali mengunjungi Pelabuhan Merak Banten dan Bakauheuni Lampung . Berbeda dengan kunjungan sebelumnya, kedatangan Menhub dalam rangka memantau arus balik Lebaran, didampingi Kepala Staff Kepresidenan, Teten Masduki, mewakili Presiden Jokowi.

“Saya bersama Kepala Staf Kepresidenan dan Dirut ASDP, ingin melihat langsung kondisi arus balik dari Sumatera ke Jawa. Dari Pelabuhan Bakauheni, kita pingin mengetahui kondisi kepadatannya dan pelayanannya seperti apa pemudik yang akan kembali ke Jakarta,” tegasnya.

Menanggapi pemudik dari Bakauheni-Lampung yang menempuh perjalanan selama tujuh jam di atas kapal menuju Pelabuhan Merak – Banten, Menhub menanggapi dengan santai.

“Kalau arus balik dari Merak- Bakauheni sampai sekarang, ya menurut saya masih normal aja. Kalau penuh iya, terutama dari Bakauheni,” kata Menhub di atas Kapal Motor Penumpang (KMP) Batu Mandi, Minggu (10/7).

Bahkan menurutnya, hingga kini belum ada persoalan berarti selama arus mudik dan arus balik di lintasan Pelabuhan Merak – Bakauheni. Jonan juga mengatakan kepadatan pada arus balik tidak sepadat arus mudik. Dimana, pemudik menginginkan untuk bisa sampai ke kampung halaman maksimal satu hari sebelum Idul Fitri.

“Kalau arus balik untuk penyeberangan itu pada umumya lebih tidak padat dibanding arus mudik. Kalau arus mudik kan lebih kepada mengejar satu tanggal yang utama jadi mau dikejar Idul Fitri,” tegasnya.

Berdasarkan data terbaru dari Pelabuhan Bakauheni Lampung, penumpang yang telah disebrangkan sebanyak 121.078, kendaraan roda dua sebanyak 11.214, kendaraan roda empat berjumlah 12.886, bus sebanyak 451, dan truk 237 buah. (haryono)