Tuesday, 19 June 2018

Nginap di Pelabuhan, Pelindo IV Bagikan Nasi Kotak ke Penumpang Kapal

Senin, 11 Juli 2016 — 15:16 WIB
Pegawai Pelindo IV membagi-bagikan nasi kotak kepada penumpang yang baru datang maupun yang menunggu kedatangan kapal di terminal Anging Mammiri Pelabuhan Makassar. (dwi)

Pegawai Pelindo IV membagi-bagikan nasi kotak kepada penumpang yang baru datang maupun yang menunggu kedatangan kapal di terminal Anging Mammiri Pelabuhan Makassar. (dwi)

JAKARTA (Pos Kota) – PT Pelindo 4 membagi-bagikan ribuan nasi kotak kepada penumpang yang tengah menunggu kedatangan kapal di terminal penumpang Anging Mammiri Pelabuhan Makassar.

Dirut Pelindo 4 Doso Agung mengatakan jumlah pemudik baik arus mudik maupun arus balik cukul bamyak setiap harinya ada ribuan orang menunggu 2-4 kapal/hari.

Tidak sedikit para pemudik tersebut memginap di pelabuhan karena tempat tinggal mereka jauh dipelosok desa hingga pihaknya harus memberikan pelayanam semaksimal mungkin agar tidak menimbulkan kekacauan seperti yang terjadi sebelum bulan Ramadhan.

“Selama berhari-hari mereka menginap di terminal tentunya kelaparan dan kehausan sementara musim Lebaran gini tidak ada yang jualan mangkanya kami menyiapkan makanan dan minumam buat mereka supaya tidak menimbukan kekecauan dan merasa nyaman,” cerita Doso Agung Minggu (10/7/2016) malam.

Dikatakan Dirut Pelindo 4 ini setiap hari ada 3-4 kapal penumpang yang sandar maupun keluar pelabuhan mengangkut ribuan orang pemudik di terminak pelabunan Anging Mammiri.

Anna maryani, Asp komunikasi korporat dan kesekretariatan Pelindo 4 menambahkan pemberian nasi kotak maupun snack kue, kurma dan takjil dilakukan Pelindo 4 sejak H-5 hinggga H+5

“Khusus hari H atau lebaran idul fitri 1437 H banyak penumpang yang nginap diterminal karena kapalnya belum tiba, puluhan petugas Pelindo 4 membagi-bagikan nasi kotak sambil berlebaran,,” cerits Anna.

LIBURAN

Selama musim liburan Lebaran pihaknya juga memasang tenda di jalan-jalan karena di dalam terminal sudah tidak dapat menampung orang sehingga yang diluar bisa berteduh tidak kehujanan maupun kepanasan.

Sedangkan bagi penumpang yang baru tiba turun dari kapal juga diberikan snack dan disiapkan bis gratis untuk 1.500 orang setiap harinya.

Bahkan penumpang juga dimanjakan dengan eskalator atau tangga jalan dan garbarata atau jembatan penghubung antara ruang tunggu dengan pintu keluat masuk kapal sehingga memudahkan para penumpang tidak lagi berdesak-desakan saat akan keluar masuk ke dalam kapal.

“Untuk penumpang kapal laut yang turun di Pelabuhan Makassar Pelindo IV menyediakan bus gratis yang lagsung mengantarkan para penumpang menuju daerah tujuan masing-masing,” ujar Anna.

Ada dua rute utama yang disediakan Pelindo IV yaitu Makassar –Maros-Pangkep- Barru- Parepare, serta Makassar-Gowa-Takalar-Jeneponto-Bantaeng-Bulukumba .

Dalam pelaksanaan Program Mudik Gratis itu pihaknya bersinergi dengan BUMN lainnya diantaranya PT Pelni dalam hal kordinasi penumpang kapal, Perum Damri yang memberikan tarif khusus untuk bus dan lainnya.

Kesiapan menyambut para penumpang arus balik juga dilakukan di pelabuhan cabang dibawah naungan Pelindo IV di 11 Provinsi seperti selain Pelabuhan Makassar juga Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Parepare, Tarakan, Samarinda, Nunukan, Pantoloan, Bitung, Manado, Kendari, Gorontalo, Ambon, Ternate, Jayapura, Sorong Manokwari, Merauke, Biak, dan Pelabuhan Fakfak.

(dwi/sir)