Thursday, 23 November 2017

PM Inggris Cameron Mundur Digantikan Theresa May

Senin, 11 Juli 2016 — 23:03 WIB
Perdana Menteri David Cameron (reuters)

Perdana Menteri David Cameron (reuters)

INGGRIS – Perdana Menteri David Cameron akan mengundurkan diri pada Rabu depan dan Theresa May akan menjadi penggantinya.

Sebelumnya, Cameron mengatakan akan mundur pada Oktober setelah hasil referendum 23 Juni yang membuat Inggris keluar dari Uni Eropa.

Namun Cameron akan mundur lebih cepat yaitu pada Rabu esok setelah Theresa May menjadi kandidat tunggal dalam pemilihan pengganti. Kandidat lain, Menteri Energi Andrea Leadsom, telah mundur dari pertarungan perebutan kursi perdana menteri.

Cameron akan menghadiri rapat kabinet terakhir pada Selasa dan kemudian akan ke Istana Buckingham pada hari Rabu untuk mengajukan surat pengunduran diri. “Kita akan mempunyai perdana menteri baru pada Rabu petang,” demikian pernyataan Cameron.

Theresa May adalah Sekretaris Dalam Negeri yang diangkat pada Mei 2010. Walaupun May meragukan masa depan Uni Eropa namun anggota Partai Konsevatif tidak mendukung keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Dalam pidato kampanyenya, May tidak bersedia mengadakan refendum kedua untuk menentukan keluar atau bertahannya Inggris di Uni Eropa. May juga ingin meluncurkan kebijakan energi yang murah dan strategi industri agar ekonomi Inggris kembali bangkit.(daus)