Tuesday, 17 October 2017

Ahok: Penertiban Bukit Duri Tunggu Rusun Rawa Bebek Siap

Rabu, 13 Juli 2016 — 11:46 WIB
dokumentasi

dokumentasi

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, penertiban pemukiman di bantaran Sungai Ciliwung, kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, dilakukan setelah bangunan dan fasilitas Rumah Susun (Rusun) Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur, siap digunakan.

“Kita lagi tunggu rusun di Rawa Bebek siap, sampai saat ini sudah ada 48 keluarga kok yang siap pindah. Cuma kan kita mau di Rawa Bebek ini soal airnya, apanya, siap kan,” kata pria yang akrab disapa Ahok, di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (13/7/2016).

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu pun menargetkan eksekusi bisa dilakukan paling lambat bulan depan. “Harusnya sih bisa selesai ya bulan ini atau bulan depan,” imbuhnya.

Lalu bagaimana dengan adanya aksi penolakan oleh sejumlah warga setempat? Mantan Bupati Belitung Timur itu justru berencana menggugat mereka.

“Kita paksa lah, orang mau kerja gini. Kalau mereka menolak saya akan gugat mereka,” timpalnya.

Apalagi, Ahok menambahkan, tak sedikit warga setempat yang mereklamasi Sungai Ciliwung sebelum mendirikan bangunan atau tempat tinggal di bantaran sungai tersebut. Tindakan ini, menurutnya, merupakan pelanggaran hukum dan dapat dipidana.

“Sekarang mereka telah mereklamasi merusak lingkungan. Saya punya bukti kok sungai direklamasi dulu dipasangin tanah sama mereka. Enak saja kamu gugat reklamasi kok yang ini gak digugat. Reklamasi sungai lebih parah, jadi kita bisa pidana kalau gitu,” tutupnya. (julian/win)