Friday, 17 August 2018

100 Bus Transjakarta Baru Siap Angkut Warga

Minggu, 17 Juli 2016 — 6:59 WIB
Ilustrasi Bus Transjakarta

Bus Transjakarta

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 100 unit Bus Transjakarta baru siap mengangkut warga Jakarta. Melalui penambahan armada ini diharapkan penumpang tidak lagi menunggu lama menunggu kedatangan bus di setiap halte yang terseedia.

Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan bus yang akan segera selesai bermerk Mercedes Benz. Namun semuanya masih dalam proses, baik produksi maupun administrasi. “Yang di depan mata itu, yang tinggal sebentar lagi ada 100an bus. Warga tak perlu lagi menunggu lama kedatang bus,” kata Budi, Sabtu (16/7). Adapun untuk tahun ini, PT Transjakarta menargetkan bisa menambah 900 unit bus baru.

Budi menambahkan sisa bus lainnya masih dalam proses produksi di karoseri. Nantinya bus yang selesai diproduksi akan dikirim secara bertahap. “Kami pembelian sampai akhir tahun ada 900 bus. Tapi semua tergantung dengan produksi dari karoseri,” ujarnya.

PENINGKATAN PENUMPANG

Bus-bus tersebut nantinya akan dioperasikan di koridor maupun rute yang banyak dilalui oleh penumpang. Diharapkan dengan penambahan bus ini bisa meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

Selama Juni lalu, Transjakarta berhasil mengangkut hingga 10.206.000 penumpang. Jumlah tersebut tertinggi pada semester pertama tahun ini. Kenaikan jumlah penumpang memang terus terjadi setiap bulannya.

Data dari PT transjakarta pada Januari jumlah penumpang sebanyak 8,51 juta, Februari 8,15 juta penumpang, Maret 9,01 juta penumpang, April 9,10 penumpang, dan Mei sebanyak 10 juta penumpang.

Peningkatan jumlah penumpang ini juga disebabkan karena saat ini Transjakarta tidak hanya fokus pada koridor yang ada. Melainkan membuka rute-rute langsung yang paling banyak dilalui oleh penumpang.(guruh)