Saturday, 18 November 2017

Perbaikan Trotoar Sedot Anggaran Rp250 Miliar

Minggu, 17 Juli 2016 — 6:30 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Perbaikan trotoar di 48 lokasi di wilayah ibukota dilakukan tahun ini. Anggaran sebesar Rp250 miliar disiapkan untuk menyediakan sarana bagi pejalan kaki tersebut.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faizal, mengatakan perbaikan trotoar dilakukan guna mendukung pergerakan orang demi merangsang minat warga menggunakan angkutan umum. “Saat ini kami sudah masuk dalam proses penandantangan kontrak. Kami harapkan paling lambat semua kontrak sudah ditandatangani awal bulan depan,” kata Yusmada, Kamis (14/7).

Menurut Yusmada, dari 48 lokasi, enam di antaranya akan dikerjakan langsung oleh Dinas Bina Marga. Sedangkan lokasi lainnya oleh suku dinas di masing-masing wilayah.

Enam lokasi yang dikerjakan oleh Dinas Bina Marga adalah Tanah Abang, Jakarta Pusat; Jalan Caringin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan; kawasan Blok M, Jakarta Selatan; sekitar Rusun Daan Mogot, Jakarta Barat; sekitar kawasan Terminal Rawamangun, Jakarta Timur; dan kawasan Pluit, Jakarta Utara. “Kami ingin memberikan contoh pelebaran trotoar di enam wilayah, masing-masing satu titik,” ujar dia.

Yusmada mengatakan, perbaikan trotoar akan dibarengi dengan pengembalian konsistensi jumlah lajur jalan. Ia kemudian mencontohkan lajur jalan dari arah Tanah Abang menuju perempatan Bank Indonesia yang hanya terdapat tiga lajur, namun realitanya menjadi tujuh lajur.

ANGGARAN MUBAZIR

Sementara itu, anggota DPRD DKI, William Yani, berharap anggaran perbaikan trotoar tidak menjadi mubazir. Pasalnya banyak pengalaman perbaikan trotoar tidak mencapai tujuannya memberikan kenyamanan bagi pejalan. Malah sebaliknya, trotoar di rampas pedagang Kaki-5 dan parkir liar. “Yang sudah-sudah perbaikan trotoar seakan memberi lapak bagi parkir liar dan Kaki-5. Kalau seperti ini kan mubazir, Setelah diperbaiki seharusnya dilakukan pengawasan biar ngga salah gunakan,” pungkas politisi PDI Perjuangan ini.(guruh)

  • http://zci.sf.net/ Zamroni

    Tolong buang pot pot di trotoar. Taruh pot di taman saja.