Tuesday, 20 August 2019

Blanko Pembuatan E-KTP di Depok Kosong Hingga Agustus

Senin, 18 Juli 2016 — 17:40 WIB
Salah satu kegiatan pelayanan ke masyarakat di Disdukcapil  gedung Dibaleka Kota Depok. (anton)

Salah satu kegiatan pelayanan ke masyarakat di Disdukcapil gedung Dibaleka Kota Depok. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Blanko pembuatan E- KTP di sejumlah kelurahan dan kecamatan diperkirakan hingga Agustus 2016 mendatang masih terus kosong.  Blanko masih harus menunggu pengiriman dari Kemendagri.

Mengantisipasi kekosongan pihak Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) membuatkan surat keterangan pengganti KTP yang ditandatangani Kepala Disdukcapil untuk pemohon.

“Sudah satu bulan ini saya mengurus E-KTP tapi belum selesai, alasanya kehabisan blanko pembuatan e KTP. Jadi harus menunggu pengiriman blanko dari pemerintah atau Kemendagri,” kata Pratama, warga Pancoran Mas, Depok, Senin (18/7).

Menurut dia, belum selesainya pembuatan e KTP dirinya tentunya membuat sejumlah kegiatan yang direncanakan agak terlambat dan tersendat baik pengurusan,  ke bank,  jual beli rumah, perpanjang STNK kendaraan dan lainnya.

“Saya berharap e KTP selesai secepatnya,” tuturnya yang mengaku dari keterangan salah satu kelurahan setempat blanko e KTP baru ada sekitar bulan Agustus 2016 mendatang.

Hal senada dikatakan Nyoya Nurti, warga Sukmajaya, yang mengaku dirinaya sudah direkam jejak untuk pembuatan e KTP awal Juni 2016 lalu tapi sudah satu bulan kok belum selesai sehingga dirinya mendatangi kantor kelurahan setempat.

“Ternyata memang ada masalah dalam pembuatan E-KPT milik warga,” ujar ibu dua anak ini yang menambahkan informasi yang diterima tak hanya di Kel. Sukmajaya saja tapi hamper seluruh Kota Depok pembuatan E-KTP tertunda semuanya.

                Pakai Surat Pengganti

Menanggapi banyaknya keluhan berkaitan dengan kekosongan blanko pembuatan e KTP di Kota Depok, Kepala Seksi Kependudukan di Disdukcapil Depok, J. Susanta kepada wartawan, mengakui adanya kekosongan blanko hingga membuat sekitar 52 ribu warga Kota Depok belum dapat dibuatkan E- KTP baru.

Namun, tambah dia, bagi warga atau masyarakat yang sangat mendesak membutuhkan E-KTP secepatnya tapi sampai saat ini belum selesai dibuat. Pihaknya sudah mengantisipasi dengan membuat surat keterangan penganti berbentuk seperti E- KTP di kelurahan setempat.

“Surat keterangan dari kelurahan sebagai penganti E-KTP yang belum jadi tentunya hamper mirip dengan E-KTP karena ditanda tangani Kepala Disdukcapil M Munir,” ujarnya yang berharap masyarkat tak perlu resah dan ragu untuk meminta surat keterangan penganti E-KTP.

Sementara itu, Walikota Depok Muhammad Idris, meminta jajaran Disdukcapil Kota Depok untuk menanyakan lagi masalah pengajuan pengadaan blanko agar dapat melayani masyarakat dengan cepat sehingga tak perlu lagi menunggu waktu hingga bulan Agustus 2016. “Tolong cek dan tanya kan lagi masalah kekurangan blanko tersebut,” tuturnya. (anton/win)