Tuesday, 19 June 2018

Del Bosque Tunjuk Guardiola Pelatih Spanyol

Senin, 18 Juli 2016 — 7:12 WIB
Pep Guardiola diharapkan jadi pelatih Timnas Spanyol

Pep Guardiola diharapkan jadi pelatih Timnas Spanyol

SPANYOL (Pos Kota) – Mantan pelatih timnas Spanyol, Vicente Del Bosque mengharapkan agar Pep Guardiola bisa menjadi penggantinya setelah bangku yang ia tinggalkan masih kosong. Namun harapan Del Bosque untuk menjadikan Guardiola sebagai timnas Spanyol sepertinya tidak akan terlaksana tahun ini.

Del Bosque sudah memutuskan mundur usai Piala Eropa 2016 lalu. Mantan pelatih U-21 Spanyol dan FC Porto, Julen Lopetegui, sempat disebut-sebut bakal menggantikan Del Bosque. Namun Del Bosque justru menyebut nama Guardiola sebagai sosok yang lebih layak untuk menukangi timnas Spanyol. Menurut Del Bosque, prestasi yang diukir Guardiola saat menukangi Barcelona dan Bayern Munchen, seharusnya sudah bisa meyakinkan Asosiasi Sepakbola Spanyol (RFEF) untuk menunjuknya sebagai pelatih Timnas Spanyol. Namun hal itu tidak bisa dilakukan lantaran terkendala oleh beberapa hal.

MASIH RAGU

RFEF sepertinya masih ragu untuk menunjuk Guardiola yang adalah orang Catalan, sebagai pengganti Del Bosque. “Kami seharusnya bangga atas seseorang seperti Guardiola. Kami tidak pernah membayangkan ini beberapa tahun lalu. Saya tidak melihat alasan mengapa Guardiola tidak bisa menangani Spanyol. Memang, dia orang Catalan, tapi bukankah pekerjaan kita semua adalah untuk menyatukan orang-orang? Bakal hebat jika sepakbola bisa membantu Catalunya dan seluruh negara ini menjadi lebih dekat lagi,” ungkap Del Bosque, seperti dilansir Suddeutsche Zeitung.

Selain orang Catalan, Guardiola juga sudah terikat kontrak dengan Manchester City hingga 2019 mendatang. Meski demikian, Del Bosque tetap yakin jika suatu saat nanti RFEF bisa menjadikan Guardiola sebagai pelatih Timnas Spanyol.

“Di masa lalu, kami (Spanyol) selalu mendatangkan pelatih-pelatih dari luar. Tapi, sekarang, justru pelatih-pelatih kita yang pergi ke luar. Saya pikir mereka (RFEF) bisa menjadikan dia (Guardiola) sebagai pelatih untuk negara ini suatu saat nanti,” ujar Del Bosque.

Guardiola saat ini tengah fokus melakukan perubahan tim asuhan barunya di City sebagai persiapan jelang menghadapi Bayern Munchen dalam laga ujicoba, tengah pekan ini. Guardiola sepertinya ingin membentuk City menjadi tim yang akan mengandalkan dominasi laga lewat penguasaan bola dan permainan umpan pendek, serta kelincahan daripada kekuatan fisik para pemainnya. (junius)