Friday, 20 September 2019

Cegah Banjir di Sekitar Istana, Sumur Resapan Dibuat di Monas

Selasa, 19 Juli 2016 — 11:47 WIB
Pembuatan sumur resapan di kawasan Monas. (joko)

Pembuatan sumur resapan di kawasan Monas. (joko)

JAKARTA (Pos Kota) – Mengantisipasi banjir di kawasan Monas, termasuk pelataran Istana Negara, sumur resapan dibuat di sekitar tugu kebanggan warga Jakarta itu. Pembuatan sumur resdapan ini dilakukan di Jalan Medan Merdeka, Barat, Selatan, Timur, dan Utara.

Sumur resapan berukuran diameter satu meter dengan kedalaman tiga meter ini antara lain terdapat di kawasan Tugu Monas, di seberang pintu gerbang Istana Negara dan gedung Pertamina. “Sumur ini akan berfungsi sebagai resapan air, sehingga genangan yang sering terjadi di Jalan Medan Merdeka bisa berkurang,” ujar Hasan, salah satu petugas proyek, di kawasan Monas, (19/7/2016).

Menurutnya, pembuatan sumur resapan di kawasan tersebut sebenarnya masih kurang banyak. “Kalau cuma belasan sumur sebenarnya tidak efisien mengantisipasi genangan air. Mestinya ratusan lubang,” tambahnya.

Kepala Kantor Pengelola Kawasan Monas, Sabdo Kurnianto, menjelaskan sumur resapan yang sedang dikerjakan ada 15 lubang. “Ada 15 sumur dibuat di pintu masuk Pertamina, istana dan sebagainya,” kata Sabdo Kurnianto. Diameter lubang bervariasi mulai dari 20 sentimeter sampai satu meter.

Mengenai keberadaan sumur resapan yang bagus untuk mengantisipasi banjir, ia mengatakan hal itu membuka kemungkinan jumlah sumur resapan dan lubang biopori diperbanyak. “Untuk mengerjakan belasan sumur ini diperlukan waktu sekitar satu minggu yang dimulai pada hari Senin kemarin,” paparnya. (joko/yp)

  • http://catraresapan.blogspot.com/ catra resapan

    Dengan pembangunan sumur resapan telah dimulai langkah nyata dalam konservasi air tanah, kondisi air tanah di DKI Jakarta kian menurun karena banyak hilangnya ruang terbuka hijau dampak dari pembangunan untuk kemajuan DKI Jakarta sebagai Ibukota dari Negara Indonesia. Sumur resapan bisa menggantikan lahan atau ruang terbuka hijau tersebut dengan cara menampung dan meresapkan air hujan, meminimalisir genangan dan mengisi kembali cadangan air tanah.