Sunday, 23 July 2017

Istri Donald Trump Nyontek Pidato Istri Obama

Selasa, 19 Juli 2016 — 20:31 WIB
Kandidat Presiden Amerika Donald Trump dan istrinya Melania (reuters)

Kandidat Presiden Amerika Donald Trump dan istrinya Melania (reuters)

AMERIKA – Istri kandidat presiden Donald Trump, Melania, dituduh memplagiat pidato Ibu Negara Michelle Obama saat berpidato di depan Konvensi Nasional Partai Republik.

Dalam pidatonya, Melania Trump mengatakan dirinya belajar nilai-nilai kehidupan dari orangtuanya dan mengalaminya saat menjadi seorang ibu.

“Orangtua saya menekankan bahwa Anda harus bekerja keras untuk yang ingin anda capai; semua ucapan anda akan mengikat dan anda harus memenuhi janji; anda harus memperlakukan orang dengan hormat,” demikian pidato Melania di Cleveland Senin malam waktu setempat.

“Mereka mengajari saya untuk mengamalkan nilai-nilai dan moral dalam kehidupan sehari-hari. Ini nilai-nilai yang saya ajarkan ke anak laki-laki kami,” tambah Melania.

Michelle-Obama

Michelle Obama sedang pidato (reuters)

 

Delapan tahun lalu, Agustus 2008, Michelle Obama berpidato di Konvensi Nasional Partai Demokrat, “Barak dan saya dibesarkan dengan nilai-nilai yang sama: bahwa anda harus bekerja keras untuk mencapai yang anda inginkan; bahwa ucapan anda akan mengikat dan anda harus memenuhi semua ucapan anda; bahwa anda harus memperlakukan orang lain dengan penuh hormat dan respek, bahkan ketika anda tidak mengenal mereka, dan bahkan ketika anda tidak sependapat dengan mereka.”

Sebelum menyampaikan pidatonya, Melania mengatakan kepada Matt Lauer dari kanal televisi NBC bahwa dia menulis pidatonya sendiri dengan sesedikit mungkin bantuan.

Juru bicara Trump, Jason Miller, memberikan tanggapan atas tuduhan penjiplakan. “Saat menulis pidato indahnya, tim penulis Melania mencatat insiprasi hidupnya, dan di beberapa kesempatan memasukkan beberapa bagian yang menggambarkan pemikirannya sendiri.”

Manajer kampanye Donald Trump, Paul Manafort, membela pidato Melania dengan mengatakan pidatonya menggunakan kata-kata dan nilai-nilai hidup yang umum.

“Tidak ada penjiplakan pidato Michelle Obama. Pidatonya menggunakan kata-kata dan nilai-nilai yang umum. Bahwa dia peduli dengan keluarganya, hal seperti itu,” kata Manafort dalam wawancara dengan CNN. “Dia berbicara di depan 35 juta orang. Dia tahu itu. Mengira dia akan mencontek kata-kata Michelle Obama adalah hal yang gila.”

Gedung Putih tidak memberikan komentar tentang kemiripan pidato Melania Trump dan Michelle Obama. (daus)