Monday, 24 September 2018

Di Sukabumi, TKA Asal China dan Taiwan Terus Bertambah

Rabu, 20 Juli 2016 — 22:19 WIB
TKA di dekat Bandara Halim Perdanakusuma beberapa waktu lalu.  (ilustrasi)

TKA di dekat Bandara Halim Perdanakusuma beberapa waktu lalu. (ilustrasi)

SUKABUMI (Pos Kota) – Tenaga kerja asing (TKA) anyar yang bekerja ke Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tahun ini terus bertambah. Tercatat, hingga Juli para pegawai asing itu mencapai 149 orang. Mayoritas mereka berasal dari Cina, Korea Selatan, dan Taiwan.

Dari data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, jumlah TKA yang menetap di Kabupaten Sukabumi sebanyak  474 orang. Jumlah tersebut dari 346 total TKA awal ditambah 149 TKA baru dan dikurangi TKA yang sudah pulang ke negara asalnya.

“Jumlah TKA yang kembali ke negaranya masing-masing sebanyak 21 orang. Hal tersebut lantaran izin tinggalnya sudah habis,” kata Kepala Seksi Penyediaan dan Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Tatang Arifin, Rabu (20/7).

Menurut Tatang, perusahaan yang banyak menyerap pegawai asing yakni bergerak di bidang garmen.¬† “Kami tidak bisa memprediksi terkait jumlah TKA hingga akhir 2016. Pasalnya, jumlah TKA tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan,” ujarnya. (sule/win)