Friday, 20 September 2019

HIV/AIDS Menyasar ke Selatan Sukabumi

Rabu, 20 Juli 2016 — 9:38 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

SUKABUMI (Pos Kota) – Penderita HIV/AIDS menyasar ke selatan Sukabumi, Jawa Barat, tahun ini. Kondisi ini merupakan fenomena baru. Pasalnya, selama ini temuan terbanyak terkait HIV/AIDS di Kabupaten Sukabumi di wilayah perkotaan.

Dari Januari hingga Mei 2016, KPA Kabupaten Sukabumi mencatat ada sebanyak 39 HIV/AIDS ditemukan di 17 kecamatan. Temuan terbanyak berada di Kecamatan Surade sebanyak 8 penderita HIV/AIDS.

Disusul di Kecamatan Cisaat berjumlah 6 temuan. Kecamatan Sukaraja, Cicantayan, Nagrak, Ciambar, Cidahu, Cibitung, dan Kalibunder masing-masing satu temuan. Sedangkan di Kecamatan Cireunghas, Cibadak, Kadudampit, Cikembar, Ciracap, dan Lengkong masing-masing dua temuan. Lalu, Kecamatan Sukabumi dan Ciemas masing-masing tiga temuan.

“Biasanya di wilayah yang berdekatan dengan perkotaan paling banyak ditemukan kasus HIV/AIDS. Saat ini memang wilayah terjauh pun mulai banyak ditemukan,” ujarnya Sekretaris KPA Kabupaten Sukabumi, Asep Suherman.

Menurut Asep, penyebaran HIV/AIDS di wilayah selatan tersebut kebanyakan dari hubungan seksual. Hal itu diketahui saat konseling dengan sejumlah penderita. Namun untuk memastikannya, KPA akan melakukan pendalaman.

Direktur Lembaga Penelitian Sosial dan Agama (Lensa) Sukabumi, Daden Sukendar menambahkan, banyaknya temuan terkait HIV/AIDS di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi membuktikan tingkat kesadaran untuk memeriksakan diri meningkat.
(sule/sir)

  • Mangap

    Cek Indramayu, Subang, Sukabumi, dll
    Dan harus segera ditangani, baik pengobatan maupun pencegahannya