Monday, 23 October 2017

Lempar Korek Api ke Tempat Sampah, Empat Rumah Terbakar

Rabu, 20 Juli 2016 — 21:45 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

KRAMATJATI (Pos Kota) – Diduga akibat korek api yang dilempar ke tempat sampah, empat rumah di Jalan Budhi, RT 003/05 tepatnya dekat RS Budhi Asih, Cawang, Kramatjati, Jakarta Timur, hangus terbakar, Rabu (20/7).

Iwan, 49, warga yang juga saksi mengatakan, api berasal dari rumah tingkat milik Zulkifli, 51. Hanya dalam waktu beberapa saat, si jago merah dengan cepatnya merambat ketiga rumah yang ada didekatnya. “Api tadi datangnya dari salah satu rumah, katanya yang punya rumah lagi masak tapi ditinggal pergi,” katanya, Rabu (20/7).

Dikatakan Iwan, api langsung membesar , membakar seluruh barang-barang yang ada di rumah berlantai dua tersebut. Dengan sekejap, api juga menghangus dua rumah kontrakan yang ada di sampingnya. “Warga sudah mencoba memadamkan, cuma apinya besar banget. Nggak ada barang-barang yang bisa diselamatkan,” ujar Iwan.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaiman mengatakan, kebakaran itu sendiri akibat pembantu di salah satu rumah yang lalai dengan melemparkan korek api ke tong sampah saat hendak memasak. “Dari situ, api menyambar barang di sekitarnya hingga akhirnya menyebabkan kebakaran,” ujarnya.

Dikatakan Gatot untuk memadamkan api, 19 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Pihaknya pun mengalami kesulitan karena lokasi kebakaran berada dilingkungan padat penduduk. “Diperkirakan kerugian yang diderita ditaksir mencapai Rp1,5 miliar. Beruntung dalam insiden itu tidak sampai menimbukan korban jiwa maupun luka,” ungkap Gatot. (Ifand)