Saturday, 17 November 2018

Meng-AC-kan Angkutan Umum

Kamis, 21 Juli 2016 — 6:10 WIB
mikrolet

SALAH satu yang menjadi penyebab kemacetan lalu lintas di Jakarta adalah semakin banyaknya penggunaan kendaraan pribadi, sementara angkutan umum masih saja kurang diminati lantaran tingkat keamanan dan kenyamanannya yang masih jauh di bawah standar.

Salah satu upaya mengurangi kemacetan, di antaranya ada upaya yang kuat dari pemerintah (daerah) agar masyarakat mau beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.

Itu juga sepertinya yang sedang digagas Organda DKI Jakarta yang telah menargetkan agar angkutan umum di wilayah Jabodetabek , yakni. Mikrolet, Kopaja dan angkutan masal lainnya, telah memakai air conditioner (AC).

Jujur saja, angkutan umum di Jakarta juga masih saja menjadi sasaran pencopet mencari mangsa. Dengan ber-AC, berarti selain penumpang bisa lebih nyaman, juga bisa mengurangi ruang gerak copet.

Cuma, meng-AC kan angkutan umum, apakah akan hanya menjadi sebuah wacana? Pasalnya, dulu kita juga pernah mendengar rencana Mikrolet akan dipasangi AC. Namun nyatanya, itu juga hanya sebuah wacana. (august suzana)