Tuesday, 20 November 2018

Komposisi Perempuan di Kabinet Kerja Jokowi Jadi Penyeimbang

Kamis, 28 Juli 2016 — 15:56 WIB
Hj. Elva Waniza

Hj. Elva Waniza

JAKARTA (Pos Kota) – Masih bertahannya delapan sosok wanita dan penambahan satu menteri di Kabinet Kerja hasil reshuffle jilid II, diharapkan bisa tetap menjadi penyeimbang. Saat ini terdapat  9 menteri perempuan dalam Kabinet Jilid II pemerintahan Joko Widodo.

Keputusan tersebut, diapresiasi salahsatu tokoh wanita yang tergabung dalam wadah Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI), Hj. Elva Waniza. Menurutnya itu menjadi bukti bahwa peranan wanita dikalangan eksekutif tak bisa dipandang remeh.

“Sosok wanita tak boleh lagi dipandang lemah sebagai pimpinan. Contohnya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, bisa berlaku tegas dan kinerjanya sangat bagus,” kata wanita pengusaha berdarah Minang tersebut kepada Poskotanews.Com.

Elva juga memberikan apresiatif positif kepada sejumlah sosok wanita lain yang juga menempati posisi menteri. Khofifah Indra Parawangsa (Mensos), Nila F. Moeloek (Menkes) dan Retno LP. Marsudi (Menlu) dinilai cakap dan cepat tanggap didalam mengatasi persoalan yang diembannya.

“Selain perlu tegas, pendekatan humanis kerapkali dilakukan sosok menteri wanita. Dengan begitu, bisa menjadi penyeimbang di dalam komposi Kabinet Kerja Presiden Jokowi-JK,” pungkas Elva yang sebelumnya dikenal sebagai model majalah dan artis film era 80-an. (santosa/mb)