Tuesday, 18 September 2018

Presiden Brasil Boikot Olimpiade 2016

Kamis, 28 Juli 2016 — 9:50 WIB
protes olimpiade rio

RIO DE JANEIRO (Pos Kota) – Pelaksanaan pembukaan pesta olahraga Olimpiade di Brasil terancam pemboikotan. Hal tersebut disebabkan kisruh politik di “Negeri Samba” itu.

Presiden nonaktif Brasil Dilma Rousseff dan pendahulu sekaligus sekutu sayap kirinya Luiz Inacio Lula da Silva akan memboikot upacara pembukaan Olimpiade Rio.

Rousseff mengatakan dalam wawancara dengan radio Prancis RFI bahwa dia akan menolak menghadiri upacara pembukaan Olimpiade.

“Saya tidak berniat menjalankan peran sekunder di Olimpiade Rio,” katanya.

Koran Estadao baru-baru ini melaporkan bahwa undangan untuk Rousseff serupa dengan yang dikirimkan ke beberapa mantan presiden Brasil, termasuk pendahulunya Lula, Fernando Henrique Cardoso, Fernando Collor de Mello dan Jose Sarney.

PEMAIN KUNCI
Lula, yang membentuk Partai Pekerja, dan adalah pemain kunci dalam keberhasilan Rio menjadi tuan rumah Olimpiade pertama di Amerika Selatan.

Sementara Rousseff menghadapi pengusiran dari kantornya, Lula berjuang menghadapi tuduhan korupsi serius terkait konspirasi penggelapan dana di perusahaan minyak negara Petrobras.

Krisis politik, disertai resesi parah dan skandal korupsi Petrobras membuat Brasil dalam suasana muram kurang dari dua pekan menjelang Olimpiade.(john)