Monday, 24 September 2018

Rizal Ramli Dicopot, OSO: Kita Pikir Jokowi ke Kiri, Taunya ke Kanan

Sabtu, 30 Juli 2016 — 9:35 WIB
Oesman Sapta Odang (OSO). (win)

Oesman Sapta Odang (OSO). (win)

JAKARTA– Keputusan Presiden Jokowi mencopot Rizal Ramli dari posisi Menko Kemaritiman membuat Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang  (OSO) terkejut. Apalagi dia saat ini berkinerja bagus dan menonjol di Kabinet Kerja. OSO mengakui, susah menebak Jokowi.

“Siapa yang menyangka, Presiden Jokowi bakal mencopot Rizal Ramli. Kenerja Rizal cukup bagus. Bahkan dia menteri yang menonjo. Memang, kita susah menebak Jokowi. Kita bayangkan Jokowi melakukan langkah A, taunya dia jalankan yang B. Kita pikir Jokowi ke kiri, taunya ke kanan. Sulit kita menebaknya,” kata Oesman Sapta, usai menghadiri pembukaan Pameran Ekonomi Kreatif dan Seni Budaya Kabupaten Landak,  Kalimantan Barat, di Jumat (29/7) sore.

Senator dari Propinsi Kalimantan Barat itu menilai, Rizal Ramli salah satu pembantu Jokowi di Kabinet Kerja yang cerdas. Selama diberi Jokowi jabatan Menko Maritim dan Sumber Daya, banyak terobosan yang dilakukan Rizal Ramli termasuk tentang pembangunan wisata di tanah air.

“Ia orang pintar. Dalam bekerja Rizal Ramli jangan menjadi anggota tim, tetapi beri dia tugas memimpin tim. Sayang, kalau orang yang berkualitas sekelas Rizal Ramli tidak dimanfaatkan Jokowi.”

Ditanya berkembang wacana Rizal Ramli bakal di plot menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI), Oesman Sapta mengatakan kesetujuan dia.

Kenapa orang seperti Rizal di copot Jokowi, padahal banyak para pembantu presiden itu tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik, dia menilai, orang seperti Rizal Ramli tidak bisa menjadi anak buah dan sulit bekerja dalam sebuah tim.

Menurut dia, dalam sebuah tim, Rizal adala menjadi komando, bukan anak buah. Karena itu, sering gaduh. “Jokowi kan tidak mau gaduh itu dipertontonkan ke rakyat. Itu saja masalahnya. Jadi, kalau Rizal Ramli dipercaya memimpin BI, itu sangat pas,” ungkapnya.  (*/win)