Tuesday, 20 November 2018

Sering Ditinggal Main Catur Istri “Diskakmat” Tetangga

Senin, 1 Agustus 2016 — 6:20 WIB
catur-seling

HOBI jangan sampai melupakan keluarga. Seperti Ny. Purwanti, 33, dari Surabaya ini contohnya, terpaksa selingkuh dengan tetangga, karena suami sibuk main catur terus. Maka di kala Kastomo, 36, sibuk main catur di warung kopi, di rumah Purwanti “diskak mat” oleh Subar, 38, yang ahli catur itu.

Hati-hati lelaki yang terlalu memanjakan hobi. Jika karena hobi menulis, lalu bini di rumah jarang “diketik”, bukti bahwa “kiamat” sudah dekat. Demikian juga suami hobi catur sampai melupakan kewajiban pada istri, jangan menyesal jika nantinya istri “diskak mat” lelaki tetangga.. Peristiwa macam begini banyak terjadi dalam rumahtangga.

Kastomo bukan lelaki kaya, sehingga belum mampu tinggal di rumah sendiri. Berumahtangga 8 tahun lalu, hingga kini tinggal di rumah kos-kosan, wilayah Simo Katrungan, Surabaya. Maklum, pekerjaan Kastomo bukan anggota DPR atau jaksa. Dia hanya bekerja sebagai tukang parkir. Mana mungkin tukang parkir bisa beli rumah dari hasil gajinya?

Bagi istrinya, Purwanti, gaji kecil tak menjadikan cintanya pada Kastomo jadi luntur. Yang bikin dia jengkel, pulang kerja tak langsung pulang ke rumah, melainkan mampir di warung kopi dan kemudian main catur hingga larut malam. Ini sering membuat Purwanti kepengin. Sebab di kala dia kepengin berbagi cinta bersama suami, Kastomo masih sibuk menggesar-geser bidak catur di warung kopi.

Adalah Subar, lelaki pekerja kuli bangunan yang juga tinggal di rumah kos-kosan beda pintu dengan Purwanti. Rupanya kuli bangunan itu tahu persis betapa kesepiannya bini Kastomo ini. Dia yang juga kesepian karena istrti di kampung, sekali waktu menawarkan “solusi”, ternyata Purwanti menyambut hangat. Maka keduanya pun segera menuntaskan dahaga asmara.

Lama-lama skandal ini tercium. Kastomo memergoki sendiri bagaimana istrinya menggelepar di ranjang bersama Subar. Meski hati sakit, Kastomo tak mau main hakim sendiri. Jalan satu-satunya hanyalah dia segera menggugat cerai istrinya ke Pengadilan Agama Surabaya. Bila perceraian gol, dia minta hak asuh dua anaknya jatuh padanya, bukan pada bekas istrinya.

Habis koalisi dengan tukang parkir, pindah koalisi ke buruh bangunan. (JPNN/Gunarso TS)