Saturday, 22 September 2018

Launcing Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Selasa, 2 Agustus 2016 — 17:39 WIB
Toyota Calya

Toyota Calya

KARAWANG (Pos Kota) – Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, meresmikan peluncuran mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra di pabrik Toyota di Karawang Timur .

Produsen otomotif Toyota dan Daihatsu secara serempak merilis mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) di segmen Low Cost and Green Car (LCGC).

Mobil kedua pabrikan ini memiliki ruang kabin yang lega dengan transmisi yang diletakkan di dashboard.

Mobil memiliki ukuran panjang kali lebar kali tinggi 4.070×1.655×1600 mm dengan panjang sumbu roda mencapai 2.525 mm serta ground clearance mencapai 180 mm. Mesinnya kabarnya 1.200 cc dengan daya maksimum 88 ps pada 6.000 rpm.

TOYOTA CALYA
Mobil LCGC tujuh penumpang. Ini merupakan “Adik Toyota Avanza” . Diberi nama Calya yang diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki artinya sempurna.
Kalo dilihat secara sekilas, tampilan wajah depan terlihat mirip dengan Vios atau Yaris yang memiliki ciri khas desain Keen Look. Bahasa desain ini pertama sekali diperkenalkan oleh Toyota lewat Auris. Desain velgnya two tone terlihat bagus dengan ukuran 14 inchi.

Mobil ini akan dijual di kisaran Rp 125 jutaan dengan harga termahal sekitar Rp 150 jutaan.

Toyota Calya akan hadir dalam dua tipe yaitu tipe E dan G dan juga pilihan manual dan otomatis.

Untuk tipe G, Toyota Calya memiliki kelengkapan yang sama dengan Toyota Agya, seperti head unit double din, Power Window, Speedometer dengan MID, eletric mirror. Sedangkan fitur keamanan juga dilengkapai dengan remote alarm, dual airbags dan plus dengan penambahan kursi ISOFIX di kursi belakang. Velg sudah mengguankan alloy berukuran 14 inci.

Pada tipe E hanya dilengkapi power windows pada pintu depan saja, dual airbags, head unit single din, tanpa fog lamp dan electric mirror serta bagian velgk kaleng dengan dilapisi dop.

DAIHATSU SIGRA

Daihatsu Sigra siap menantang Datsun Go+ dan bersaing melawan teman sebayanya, yaitu Toyota Calya. Sama seperti duet Ayla-Agya, mobil ini dibuat dengan basis mesin dan desain tak berbeda jauh dari Toyota Calya.

Namun untuk segi harga, biasanya harga mobil Daihatsu dibanderol lebih murah dibandingkan mobil buatan Toyota, sehingga menjadi salah satu solusi bagi konsumen tanah air yang mencari mobil murah yang mampu memuat tujuh orang penumpang.

Mobil ini akan memiliki tampang luar sporty dan ukuran bodi yang panjang. Pasalnya mobil ini memiliki tiga baris kursi yang mampu menampung hingga tujuh orang penumpang sekaligus. Itu artinya, Daihatsu Sigra akan bersaing melawan Datsun Go+ yang terlebih dahulu menawarkan fitur serupa di segmen mobil MPV Low Cost Green Car (LCGC).

sigra

Daihatsu Sigra

Ada empat tipe Daihatsu Sigra yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Sigra D, Sigra M, Sigra X, dan Sigra R. Selain itu, tersedia pula pilihan transmisi manual serta matic.

Untuk tipe termurah, yaitu Daihatsu Sigra D dan Sigra M akan memiliki mesin berkapasitas lebih kecil, yakni mengadopsi mesin 1.0Liter yang dipadukan dengan transmisi manual. Sedangkan untuk tipe Sigra X, dan Sigra R akan mengusung mesin 1.2 Liter dengan pilihan transmisi manual dan matic yang otomatis harganya berbeda setiap tipenya. Daihatsu Sigra akan dibanderol mulai dari 109 Jutaan sampai Rp. 136 Jutaan.

(tri/sir)