Tuesday, 19 June 2018

Polda Lampung Bentuk Satgas RKT

Rabu, 3 Agustus 2016 — 10:20 WIB
Satgas RKT

LAMPUNG (Pos Kota) -Untuk membahas dan menyatukan presepsi memberantas narkoba dan pencegahan faham radikalisme Polda Lampung membentuk RKT (Radikalisme, Komunisme dan Terorisme).

Pembentukan RKT baru dilakukan di Kabupaten Way Kanan. Hal ini diungkapkan Kapolda Lampung pada acara halal bihalal bersama TNI, Polri dan Criminal Justice System, di gedung Graha Wiyono Siregar (GWS) di Markas Polda Lampung.

Kapolda Lampung, Brigjen Pol. Dr Ike Edwin SH MH mengatakan, acara halal bihalal diadakan untuk mempererat tali silaturahmi antara TNI, Polri dan Justice System. Selain itu dalam acara silaturahmi ini, tujuannya untuk menyatukan presepsi tentang upaya memerangi narkoba serta menyampaikan gagasan terkait dengan mengantisipasi berkembangnya faham radikalisme di Lampung.

“Polda akan meluncurkan pembentukan Satgas Radikalisme, Komunisme dan Terorisme (RKT) di seluruh kabupaten dan kota di Lampung,” ujar Kapolda.

Menurutnya, selain merupakan yang pertama di Indonesia, dibentuknya Satgas RKT ini sebagai upaya Polda Lampung mengantisipasi dalam bentuk nyata untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak dan masyarakat terhadap faham radikalisme.

Semua pihak dan masyarakat pasti menginginkan keamanan dan kedamaian. Untuk itu pihaknya akan terus berupaya melakukan yang terbaik, itu bisa terwujud jika didukung oleh pihak terkait dan masyarakat.

Tidak hanya dukungan agar pembentukan RKT terwujud sesuai dengan tujuannya, Ike Edwin menambahkan, perlu menjadi perhatian khusus dan upaya keras semua pihak dan masyarakat agar Lampung bisa keluar dari 10 besar se-Indonesia tentang kejahatan penyalahgunaan narkoba.

“Saya berharap dengan dukungan semua pihak dan masyarakat selama 6 bulan ini, Lampung bisa keluar dari peringkat 10 besar peredaran narkoba sehingga Lampung bisa terbebas dari kejahatan penyalahgunaan Narkoba,”ungkapnya.

“Kepada Danrem 043 Garuda Hitam Lampung, Kolonel Kav. Supriyatna dan semua pihak terkait serta masyarakat bisa membantu Polda Lampung mewujudkannya,”tambahnya.

Dalam kata sambuatan, semua pihak terkait dan perwakilan seluruh masyarakat mendukung gagasan Kapolda Lampung. Menariknya, dalam ungkapan kata sambutan, Kapolda, Danrem dan Kajati Lampung, akan menindak tegas anggota yang terlibat dalam kejahatan penyalahgunaan narkoba.

Dalam acara Halal Bihalal TNI, Polri dan Criminal Justice, dihadiri Kapolda Lampung, Danrem 043 Gatam, Danlanal, Danbrigif, Danlanud, Kajati Lampung, Kepala BNN Lampung, Ketua PN Tanjungkarang, Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean Bandar Lampung, Petugas Banpol PP, Tokoh Agama, dan seluruh elemen masyarakat.

(koesma/sir)