Thursday, 20 September 2018

Mangkrak Setahun RPTRA Baung Kembali Dibangun

Senin, 8 Agustus 2016 — 20:11 WIB
Pekerja mengerahkan alat berat untuk meninggikan lahan yang akan dibangun sebagai RPTRA di Jalan Baung III RT 05/02, Kebagusan, Pasar Minggu, Jaksel. (Rachmi)

Pekerja mengerahkan alat berat untuk meninggikan lahan yang akan dibangun sebagai RPTRA di Jalan Baung III RT 05/02, Kebagusan, Pasar Minggu, Jaksel. (Rachmi)

PASAR MINGGU (Pos Kota) – Keberadaan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta Selatan terus bertambah. Setelah mangkrak setahun, RPTRA Baung di Jalan Baung III RT 05/02, Kebagusan, Pasar Minggu mulai dibangun pihak swasta melalui tanggungjawab sosial perusahaan (CSR).

“Pembangunan RPTRA dari dana CSR tahap II antara lain RPTRA Baung oleh PT Nestle yang mulai dikerjakan pekan lalu dan target Oktober rampung. Jadi tidak dibiayai APBD,” kata Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (KPMP) Jakarta Selatan, Kelik Miyarto, Senin (8/8).

RPTRA Baung dibangun di atas lahan 1.800 meter persegi sebagai aset Pemprov DKI setelah dibebaskan Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta. Semula merupakan lahan terbengkalai yang dimanfaatkan untuk parkiran.

Seperti halnya RPTRA yang sudah eksis, RPTRA Baung akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti ruang perpustakaan, ruang bermain anak, ruang laktasi, taman bermain dan berolahraga hingga mushola.

Sejumlah pekerja dibantu alat berat sedang mengeruk tanah di lahan yang sebelumnya permukaannya rendah. Lokasi tersebut tergolong daerah resapan.

Menurut Camat Pasar Minggu, Eko Kardiyanto, lahan untuk RPTRA Baung memang harus ditinggikan sekitar 1-2 meter karena rawan banjir. “Meski sudah dibangun untuk RPTRA tapi tetap akan diprioritaskan sebagai kantong resapan air,” jelasnya. (Rachmi)