Wednesday, 21 November 2018

Eko Yuli Irawan Ingin Raih Emas di Olimpiade 2020

Selasa, 9 Agustus 2016 — 21:29 WIB
Eko Yuli Irawan peraih medali perak kedua bagi Indonesia di Olimpiade Rio 2016 (reuters)

Eko Yuli Irawan peraih medali perak kedua bagi Indonesia di Olimpiade Rio 2016 (reuters)

BRASIL– Atlet Indonesia, Eko Yuli Irawan, mengatakan masih ingin terjun di Olimpiade dan meraih prestasi terbaik.

“Masih ada peluang, harus lebih baik lagi prestasinya di Olimpiade berikutnya,” kata Eko Yuli kepada BBC setelah merebut perak angkat besi di kelas 62 kg putra di Olimpiade Rio.

Di Olimpiade 2016 ini, medali emas sudah di depan mata, tapi lawan ternyata bisa melakukan total angkatan yang lebih baik, sehingga untuk kali ini emas belum bisa diraih.

“Untuk feeling sih memang sudah yakin akan dapat medali. Cuma memang, untuk medali emas belum yakin 100%, ya peluangnya fifty-fifty,” kata Eko Yuli dalam wawancara dengan BBC Indonesia, hari Selasa (09/08) pagi waktu Rio.

Atlet berusia 27 tahun ini mengungkapkan bahwa selama berlomba di kelas 62 kg, ia membuat strategi dengan mengamankan posisi medali perak.

“Setelah posisi medali perak aman, saya mengejar medali emas … saya kejar-mengejar (dengan atlet lain), tapi memang belum rezekinya,” kata Eko Yuli.

Medali emas di nomor ini diraih atlet Kolombia, Oscar Figueroa, dengan total angkatan 318 kg, enam kilogram lebih berat dari total angkatan Eko Yuli.
Pujian dari Jokowi

Atlet yang sebenarnya difavoritkan meraih emas adalah olahragawan Cina, Chen Lijun, namun ia mundur setelah mengalami kram, menyusul upayanya mengangkat beban 143 kg untuk snatch.

Bagi kontingen Indonesia ini adalah perak yang kedua, sebelumnya Sri Wahyuni menyabet perak, juga dari angkat besi, di kelas 48 kg putri.

Bagi Eko Yuli sendiri, ini untuk ketiga kalinya ia meraih medali Olimpiade. Empat tahun lalu di London ia meraih perunggu, mengulang prestasi yang sama empat tahun sebelumnya di Beijing.

Tak mengherankan jika atlet kelahiran Lampung ini menerima hujan pujian, termasuk dari Presiden Joko Widodo.

Melalui Twitter, Presiden Jokowi menulis, “Alhamdulillah, nambah lagi medali perak di Olimpiade Rio 2016. Eko Yuli Irawan di cabang angkat besi. Ayo, atlet Indonesia semangat!”

Eko Yuli mengatakan ia masih ingin mendapatkan lagi medali di Olimpiade mendatang.

“Tetap terus berlatih, masih ada peluang meraih medali di Olimpiade berikutnya. Harapannya tentu ingin mencatat prestasi yang lebih baik lagi,” kata Eko Yuli.(BBC)