Tuesday, 18 September 2018

Presiden Turki Perbaki Hubungan dengan Rusia

Selasa, 9 Agustus 2016 — 20:41 WIB
Presiden Erdogan bertemu dengan Presiden Putin untuk memperbaiki hubungan Turki-Rusia (reuters)

Presiden Erdogan bertemu dengan Presiden Putin untuk memperbaiki hubungan Turki-Rusia (reuters)

RUSIA – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengunjungi St Petersburg, Rusia dengan harapan bisa memperbaiki hubungan antara Turki dan Rusia yang sempat memanas belakangan ini.

Ini adalah kunjungan resmi kenegaraan pertama Presiden Erdogan sejak kudeta gagal di bulan lalu.

Presiden Erdogan mengadakan pertemuan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk memperbaiki hubungan bilateral antar kedua negara. Rusia dan Turki sempat memanas sejak November tahun lalu karena satu jet militer Rusia jatuh ditembak di perbatasan Turki-Suriah.

Setelah jet Su-24 ditembak jatuh, Rusia memberikan sanksi perdagangan dan menghentikan semua perjalanan wisata ke Turki.

Dalam wawancaranya dengan kantor berita TASS, Presiden Erdogan ingin mengulangi babak baru hubungan antar kedua negara. “Saya yakin lembaran baru hubungan Rusia-Turki akan terbuka,” ujar Presiden Erdogan.

Saat ditanya tentang penembakan jet Rusia, Presiden Erdogan mengatakan insiden tersebut adalah “insiden buruk bagi kami dan membuat kami merasa menyesal.” Presiden Erdogan berjanji untuk menuntut tanggung jawab pilot Turki yang terlibat dalam penembakan pesawat Rusia. “Pelaku dalam bencana tersebut telah ditahan dan akan dibawa ke meja hijau,” kata Presiden Erdogan.(daus)