Saturday, 15 December 2018

Astri Ivo, Dulu Artis kini Ustazah

Rabu, 10 Agustus 2016 — 0:38 WIB
Astri Ivo

Astri Ivo

MASIH ingat Astri Ivo ? Sejak berhijab di tahun 200a-an, mantan artis cilik ini giat mendalami agama hingga menjadi ustazah. Bersama suami dan ketiga anaknya, putri penyanyi Ivo Nilakrisna ini membangun impian sebagai keluarga sakinah, mawadah dan waromah.

Saat melakoni ibadah umroh beberapa bulan silam, mantan artis cilik yang kini sudah memasuki usia 51 tahun itu, terinspirasi dari sebuah keluarga yang dijumpai di Tanah Suci Mekkah. Kenapa?

“Saya kepengin lengkap bersama suami dan ketiga anak, umroh bareng. Moment tersebut sudah saya pikirin. Insya Allah, bisa melakoni bersama-sama,” paparnya.

Istri dari Dariola Yusharyahya tersebut, menegaskan kalau saat ini sudah membicarakannya dengan suami. Sama seperti dulu disaat Astri mulai menanjak remaja, pernah pergi umroh bareng bersama keluarga besar.

“Jika tidak diakhir 2016 ini, bisa saja pergi umroh bareng pada awal tahun depan. Semoga dikasih rejeki dan kesehatan,” harapnya.

Terlahir dari pasangan orangtua yang merupkan campuran berdarah Aceh dan Minangkabau, Ivo kecil laris manis sebagai bintang cilik. Sungguh tak dinyana-nyana, karirnya makin menanjak di saat remaja, masuk dalam deretan bintang populer seperti Rano Karno, Yessy Gusman dan Sherly Malinton.

Astrie Feizaty Ivo lahir di Jakarta, 21 September 1964 . Ibunya, Ivo Nilakreshna juga dikenal sebagai penyanyi ternama di era tahun 1970-an.

Ia ingat betul ketika masih berusia 5 tahun, sudah mengenal layar kaca. Setelah itu ditemukan tokoh perfilman dan sutradara ternama, H. Usmar Ismail untuk kemudian terlibat dalam film layar lebar.

“Saya bangga karena di usia masih kanak-kanak dulu, sudah bisa mengikuti jejak ibunda,” tutur Ivo yang terangkat berkat main di produksi film ‘Samiun dan Dasima’ sekaligus meraih gelar Pemain Cilik Terbaik di FFI 1971.

“Lagi-lagi, saya sangat mensyukuri nikmat yang ada. Meski sekarang sudah alih haluan, tak berarti saya meninggalkan dunia keartisan. Sebab, itu sudah menjadi bagian dari kehidupan pribadi dan keluarga,” tuturnya.

Dia pernah tampil sebagai pemeran utama dalam film Bunga Cinta Kasih, Tabah sampai Akhir, serta Boni dan Nancy.

Beberapa tahun terakhir alumnus sebuah universitas di Jerman ini lebih banyak menjadi presenter yang kerap muncul di layar televisi. Utamanya dalam berbagai acara yang bernuansa keagamaan. Hal ini dilakoninya selama beberapa tahun seiring seiring kesadarannya dalam mendalami ilmu agama Islam.

Artis berdarah Minangkabau-Aceh ini menikah dengan Dariola Yusharyahya yang merupakan adik dari aktris dan perenang nasional, Zoraya Perucha. Pernikahannya membuahkan tiga putra yaitu Kevin Arighi Yusharyahya, Adrio Faresi, dan Riedo Devara.

Setelah giat berdakwah, dan terus mendalami agamanya, Astri Ivo tampil rutin di sebuah stasiun televisi swasta nasional.

“Suami dan anak-anak, begitu mensupport manakala saya harus aktif di bidang keagamaan. Berawal dari jadi host, kemudian saya mendalami bidang keagamaan,” tegas Ivo yang kini sudah menginjak usia kepala 5 tersebut.

Sejumlah acara seminar atau diminta mengisi tausiyah, kerap dilakoni setiap akhir pekan. Dari situ, menurut dia, seperti mendapat hidayah dari Allah SWT dan limpahan banyak rejeki.

“Saya selalu mensyukuri nikmat hidup yang diberikan Allah SWT. Jika saya harus tekun jadi penceramah atau ustadzah, tak lepas dari tuntunan keluarga besar dan suami. Alhamdullilah sampai sekarang terus berlanjut,” terang Ivo, panjang lebar.

Aci, demikian panggilan akrabnya, juga pernah menulis buku berjudul Cantik Sepanjang Usia yang dirilis di Arena Islamic Book Fair, Senayan pada Maret 2006.

“Langkah itu harus saya pilih, karena proses usia. Saya tak muda lagi. Sedang bidang sosial dan keagamaan, bikin kehidupan saya jauh lebih nyaman,” kata putri pasangan ayah: Rusli Abdullah dan Ivo Nila Kresna. (santosa)