Tuesday, 20 November 2018

Hotel Calhaj di Madinah Dekat Masjid Nabawi

Kamis, 11 Agustus 2016 — 14:38 WIB
Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. (ist)

Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. (ist)

MADINAH -Jemaah calon haji (Calhaj) dari beberapa embarkasi di Tanah Air, sudah mulai berdatangan di Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah. Sebagai mana dimaklumi, rombongan pertama yang tiba di Madinah, Arab Saudi berasal dari Embarkasi Padang.

Jemaah berjumlah 444 orang itu diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia. Jemaah tiba sekitar pukul 10.45 waktu Arab Saudi.

Menyusul jemaah dari Embarkasi Padang, sesuai jadwal, diterbangkan jemaah haji Jakarta-Pondok Gede pada pukul 08.15 WIB, dan Embarkasi Batam pukul 09.30 WIB.

Setelah tiba di Madinah, jemaah langsung diantar ke sejumlah pemondokan di kawasan Markaziah. Pemondokan jemaah terbagi dalam empat sektor. Jarak terjauh dari Masjid Nabawi sekitar 550 meter dan terdekat 285 meter.

Untuk mengetahui kondisi pemondokan jemaah haji tahun ini, petugas berkesempatan melihat secara langsung salah satu hotel di kawasan Markaziah itu.

(Baca: Ratusan Calhaj Sumedang Tertunda Berangkat ke Tanah Suci)

Berlokasi dekat dengan Masjid Nabawi, salah satu pemondokan bagi jemaah haji itu setara dengan bintang lima. Hotel bernama Holiday Villa itu nantinya akan ditempati jemaah dari dua kloter, yaitu Padang dan Ujung Pandang.

Dalam satu kamar terdapat empat tempat tidur ukuran standar. Lengkap dengan meja dan televisi serta pendingin ruangan.

Kasur yang tebal dan empuk, dengan fasilitas kamar mandi yang cukup mewah. Disediakan pula empat handuk mandi sesuai jumlah tempat tidur.

Fasilitas lainnya adalah lemari pakaian dan perlengkapan untuk membuat minuman, seperti teh. Secara keseluruhan, hotel dengan fasilitas yang tersedia tersebut cukup nyaman.

(kemenag/sir)