Wednesday, 14 November 2018

Korban Keracunan Makanan, 80 Warga Lagi Masih Dirawat

Kamis, 11 Agustus 2016 — 10:58 WIB
Ilustrasi keracunan.

Ilustrasi keracunan.

BANDUNG (Pos Kota) – Sebanyak 134 warga dilarikan ke rumah sakit diduga keracunan makanan usai menyantap hidangan pesta pernihakan di Kampung Ciranjang, Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Hingga Kamis (11/8/2016) tercatat 80 warga masih dirawat intensif di dua puskesmas dan rumah sakit umum Garut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dr Teni Swara Rifai, menjelaskan 134 warga yang dirawat di dua Puskesmas dan satu rumah sakit diduga kuat karena keracuan. Korban sekampung itu lanjutnya terserang mual, muntah muntah dan pusing secara massal usai menyantap hidangan makanan di tetangganya yang menggelar pesta pernikahan.

Setiba di rumahnya, Rabu (10/8) petang, warga kompak sakit perut dan dibawa ke puskesmas. Hasil pemeriksaan besar dugaan korban keracunan dari makanan yang disantap. “ Kami sudah mengambil sampel makanan untuk diperiksa di labolatorium,“ akunya.

Meski begitu, Kadinkes mengakui pula keracunan yang menyerang 134 warga merupakan kejadian luar biasa. “ Dari jumlah 134 pasien, 80 pasien masih dirawat.”

Kepala Puskesmas Kersamanah, Tarogtong, Hana Kartiwa, mengakui dari 23 pasien yang keracunan di tempat kerjanya, hanya tinggal 4 yang masih dirawat intensif. Kemudian di Puskesmas Cilimus jumlah pasien yang dirawat 50 orang.

“Yang dirujuk ke RSUD 5 orang,“ paparnya.

(dono/sir)