Thursday, 22 August 2019

Kantor Imigrasi Sukabumi Bentuk Tim Pora

Jumat, 12 Agustus 2016 — 9:04 WIB
imigrasi-l

SUKABUMI (Pos Kota) – Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Jawa Barat membentuk tim pengawas orang asing (Pora). Tim Pora tersebut berasal dari berbagai unsur, seperti camat, dinas tenaga kerja (disnaker), kepolisian, Kementerian Agama, dan Badan Narkotika Nasional.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Filianto Akbar menuturkan, dari 47 kecamatan baru terbentuk di 16 kecamatan. Pembentukan tim pengawasan hingga tingkat kecamatan merupakan amanat undang-undang. Yakni Pasal 69 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

“Keterlibatan sejumlah instansi ini untuk mewujudkan hubungan yang sinergis dalam pengawasan orang asing. Saat ini tim Pora baru di 16 kecamatan dari 47 kecamatan,” kata Filianto di sela-sela pembentukan tim Pora di sebuah hotel, Jalan Siliwangi, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Ke-16 kecamatan yang sudah terbentuk tim Pora di antaranya Kecamatan Cisaat, Gunungguruh, Cicurug, dan Cibadak. Disebutkan Filianto, hasil pendataan dari Januari hingga awal Agustus 2016 jumlah orang asing di Kabupaten Sukabumi mencapai 900 orang. Sebanyak 312 orang di antaranya bekerja di 150 perusahaan yang ada di Sukabumi.

“Mayoritas warga asing yang ada di Sukabumi berasal dari Tiongkok dan Korea Selatan serta sebagian kecil dari negera timur tengah,” jelasnya.

MENDOMINASI

Berdasakan data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, mulai Januari hingga Juni 2016, ada sebanyak 215 orang TKA asal Cina. Rinciannya, 178 TKA asal Cina sudah menetap bekerja, sisanya baru datang. Mereka kebanyakan bekerja di perusahaan pakaian jadi alias garmen. Jumlah pekerja asal Negara Tirai Bambu itu mendomonasi TKA dibanding pegawai asing lainnya.

Sementara total TKA di kabupaten terluas di Jawa dan Bali ini sebanyak 490 orang. Selain dari Cina, TKA itu sebanyak dari Korea Selatan sebanyak 133 orang, Taiwan 88 orang, Thailand 27 orang, Malaysia 3 orang, India 6 orang, Jepang 4 orang, Philipina 4 orang, Mesir 4 orang, dan Sudan 3 orang.
(sule/sir)