Thursday, 19 September 2019

Paceklik Ikan, Nelayan Sukabumi Melaut ke Cilacap

Senin, 15 Agustus 2016 — 15:38 WIB
ilustrasi

ilustrasi

SUKABUMI (Pos Kota) – Musim paceklik ikan di perairan Laut Sukabumi membuat nelayan terpaksa andon atau numpang melaut ke perairan lainnya. Hingga Agustus 2016, tercatat 300 kapal meminta rekomendasi untuk melaut ke daerah lainnya, seperti ke Laut Cilacap, Gunung Kidul, Jawa Tengah.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi, Abdul Kodir, setiap kapal diisi tiga hingga empat anak buah kapal (ABK). Menurutnya, nelayan memilih andon ke wilayah lain lantaran beberapa waktu terakhir hasil tangkapan ikan di perairan Sukabumi minim akibat cuaca yang tidak menentu dan gelombang tinggi.

“Untuk nelayan yang hendak andon agar memiliki legalitas dengan meminta surat rekomendasi. Sampai awal Agustus sudah ada 300 unit kapal yang melaut ke wilayah lainnya,” terang Kodir, Senin (15/8/2016).

Akibat musim paceklik ini, target produksi tangkapan ikan laut, tahun ini, kemungkinan besar bakal meleset. Hingga Juli, produksi ikan laut baru mencapai 2.600 ton dari target 13 ribu ton. Ikan laut andalan dari Sukabumi di antaranya tuna, tongkol, kakap merah, cumi-cumi, dan layur.

“Sehingga untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal, dipasok dari daerah lainnya seperti Jakarta dan Cirebon. Kami berharap gelombang tinggi dan cuaca buruk cepat berlalu sehingga ikan di perairan Sukabumi kembali melimpah,” cetus Kodir. (sule/yp)